Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/11/2022, 13:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama periode Januari hingga Oktober 2022, Daihatsu membukukan penjualan ritel sebanyak 157.327 unit, atau naik sekitar 33 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, yakni 118.089 unit.

Peningkatan ini sejalan dengan penjualan ritel pasar otomotif nasional yang jumlahnya mencapai 822 unit, atau naik 21 persen dari periode 2021 sekitar 667 unit.

Namun demikian, dibanding penjualan ritel nasional, pencapaian secara persentase Daihatsu selama 10 bulan lebih besar.

Selain itu, pangsa pasarnya juga meningkat 1,7 persen menjadi 19,1 persen dari sebelumnya 17,4 persen di 2021.

Baca juga: Penampakan Toyota Innova Zenix Hybrid Lengkap dengan Sunroof

Dari segi produk, Sigra masih menjadi tulang punggung utama dengan pencapaian sampai Oktober 2022 sebanyak 38.628 unit, atau berkontribusi sekitar 24.6 persen.

Test Drive All New Xenia 1.500 cc ASA CVTKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test Drive All New Xenia 1.500 cc ASA CVT

Berikutnya ada Gran Max pikap yang bermain di segmen niaga ringan dengan menyumbang penjualan ritel dari Januari hingga Oktober 37,713 unit atau 24 persen.

Kontribusi ketiga datang dari All New Xenia sebesar 20.660 unit atau 13,1 persen. Sementara Ayla menempati posisi ke empat yang dilanjutkan oleh Terios sebanyak 17.472 unit.

Peringkat untuk Rocky sendiri masih belum berubah. Posisinya berada di bawah Gran Max dengan pencapaian sampai Oktober 2022 sebanyak 8.585 unit.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengatakan, pihaknya bersyukur bisa mempertahankan penjualan dengan capaian positif.

Baca juga: Kenapa Mobil Pakai Pelek Besar Lebih Boros BBM?

Daihatsu New Sigra mendapat ubahan pada eksterior dan interiornyaKompas.com/Donny Daihatsu New Sigra mendapat ubahan pada eksterior dan interiornya

"Raihan ini bahkan masih melebihi capaian Daihatsu pada periode yang sama di 2019 lalu sebelum pandemi Covid-19 terjadi. Semoga raihan positif ini terus berlanjut, serta pasar otomotif dapat lebih baik dibandingkan sebelumnya," kata Hendrayadi dalam keterangan resminya, Rabu (101/11/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.