Kompas.com - 09/11/2022, 18:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus AKAP di Indonesia zaman sekarang sudah semakin nyaman. Hal ini didukung dengan infrastruktur yang semakin baik serta pilihan unit bus yang sudah modern bahkan mewah.

Salah satu armada bus yang mulai bermunculan di jalur AKAP adalah bus tingkat. Bus tingkat yang ada di Indonesia wajib menggunakan sasis tronton atau triple axle dan punya GVW sekitar 24 ton.

Selain sasis, para karoseri pembuat bodi bus pun sudah memiliki lini produk double decker. Sebut saja Adiputro, Laksana, Tentrem, Morodadi Prima, New Armada, semuanya memiliki lini produk dengan ciri khas masing-masing.

Baca juga: Honda Luncurkan Motor Listrik EM1 e:, Pakai Teknologi Baterai Terbaru


Bus AKAP baru PO Rosalia IndahDOK. ADIPUTRO Bus AKAP baru PO Rosalia Indah

Bisa dibilang, bus tingkat mulai tren saat ini. Berbagai PO bus memiliki armada bus tingkat untuk memberikan kenyamanan kepada penumpangnya saat bepergian jarak jauh.

Yulius Jatmiko, Sekjen BisMania Community menyebutkan beberapa PO bus yang punya armada bus tingkat, khususnya di Pulau Jawa.

"Untuk Pulau Jawa, ada Rosalia Indah, Agra Mas, Lorena/Karina, Sinar Jaya, Indorent, Harapan Jaya, Nusantara, Putera Mulya, Kencana, Gunung Harta, Juragan 99, Agung Sejati, Laju Prima/Murni Jaya, dan Safari Dharma Raya," ucap Yulius kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Apa Bedanya PO Gunung Harta dengan Bus Merah dan Hijau?


Untuk Rosalia Indah, bisa dibilang jadi PO dengan bus tingkat paling banyak, lebih dari 20 unit. Bodi bus tingkat dari Adiputro dan Laksana dimiliki PO asal Palur ini.

Kemudian ada Lorena/Karina yang punya unit Jetbus SDD yang lama dan kabarnya akan mengambil bus tingkat baru dari Karoseri laksana. Sedangkan Sinar Jaya, masih setia menggunakan bodi buatan Adiputro, baik yang Jetbus 2 dan Jetbus 3.

Selanjutnya ada Indorent, PO baru yang menggebrak lajur Jakarta-Yogyakarta dengan bus tingkat buatan Adiputro dan Laksana. Bus milik Indorent bisa dibilang punya kabin super mewah nan nyaman.

Bus AKAP baru PO KencanaINSTAGRAM/HISYAM_2542 Bus AKAP baru PO Kencana

Untuk Harapan Jaya, punya bus tingkat dari tiga karoseri, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem. Selanjutnya untuk Nusantara, memakai unit bus tingkat buatan karoseri sendiri, yaitu Nusantara Gemilang dengan nama Qonqueror.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.