Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota bZ4X Meluncur di Indonesia 10 November 2022

Kompas.com - 07/11/2022, 14:43 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) mengumumkan akan segera meluncurkan kendaraan listrik murni atau battery electric vehicle (BEV) terbarunya, yakni bZ4X.

Hal ini dapat dipastikan melalui undangan resmi yang diterima redaksi Kompas.com, pada Sabtu (10/11/2022).

“Kami dengan hormat mengundang Anda untuk peluncuran Toyota All New bZ4X pada Kamis 10 November 2022” tulis Toyota dalam surat undangannya.

Baca juga: Skema Cicilan Wuling Almaz Hybrid, Mulai Rp 8 Jutaan

Sebelumnya, Vice President TAM, Henry Tanoto, juga menyampaikan bahwa kendaraan listrik murni besutan produsen Jepang ini akan segera dijual massal.

“Tentu saja (kemungkinan diluncurkan resmi), bZ4X ini salah satu model BEV yang rencananya kita introduce di Indonesia. Tetapi detail tentang kapan dan lainnya, nanti terpisah kita akan sampaikan,” ucap Henry, saat ditemui di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) beberapa waktu lalu.

Foto stok: Toyota bZ4X.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Foto stok: Toyota bZ4X.

Sebagai informasi, pengembangan Toyota bZ4X dilakukan bersama dengan Subaru. Toyota bZ4X akan menggunakan platform e-TNGA yang telah didesain untuk kendaraan listrik Toyota.

Nama bZ sendiri merupakan singkatan dari Beyond Zero dan merupakan sebutan untuk keluarga kendaraan listrik Toyota yang akan datang. Perusahaan telah mengajukan merek dagang untuk bZ1X hingga bZ5X.

Di Jepang, Toyota bZ4X dibekali baterai lithium-ion 335 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh dan tersedia dalam dua varian yaitu motor listrik tunggal dan motor listrik ganda.

Untuk varian motor listrik tunggal, dayanya adalah 150 kW berpenggerak roda depan. Tenaga yang dihasilkan adalah 201 Tk. Mobil ini bisa menjangkau 500 km untuk tipe FWD.

Sedangkan untuk varian kedua dengan motor listrik ganda, memakai penggerak all wheel drive (AWD) dengan tenaga yang lebih besar, yaitu 215 Tk. Sementara untuk jarak tempuh yang dihasilkan lebih pendek yakni 460 km.

Baca juga: Ini Perawatan yang Harus Dilakukan pada Mobil Hybrid

Bicara soal pengisian daya, jika menggunakan DC atau fast charging hanya butuh waktu 30 menit dari posisi kosong hingga 80 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com