Intip Spesifikasi Toyota bZ4X yang Meluncur Siang Ini

Kompas.com - 10/11/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Motor Indonesia akhirnya resmi meluncurkan mobil listrik berbasis baterai pertamanya, yakni bZ4X, hari ini Kamis (10/11/2022).

Kabar ini dipastikan setelah pihak pabrikan memberikan undangan ke redaksi Kompas.com atas peluncuran yang dijadwalkan pada Kamis, 10 November 2022 di Jakarta.

“Kami dengan hormat mengundang Anda untuk peluncuran Toyota All New bZ4X pada Kamis 10 November 2022” tulis Toyota dalam surat undangannya.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Guangzhou Meroket, Pasokan Komponen Berpotensi Macet

Dengan begitu, produk yang menjadi salah satu kendaraan resmi untuk tamu KTT G20 ini menjadi mobil listrik murni atau battery electric vehicle (BEV) pertama merek Toyota untuk pasar dalam negeri.

Toyota bZ4X dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Dibawa langsung oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) dari Jepang, mobil ini untuk kali pertama hadir di pasar Asia Tenggara.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Toyota bZ4X dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Dibawa langsung oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) dari Jepang, mobil ini untuk kali pertama hadir di pasar Asia Tenggara.

Sebagai informasi, pengembangan Toyota bZ4X dilakukan bersama dengan Subaru. Toyota bZ4X akan menggunakan platform e-TNGA yang telah didesain untuk kendaraan listrik Toyota.

Nama bZ sendiri merupakan singkatan dari Beyond Zero dan merupakan sebutan untuk keluarga kendaraan listrik Toyota yang akan datang. Perusahaan telah mengajukan merek dagang untuk bZ1X hingga bZ5X.

Di Jepang, Toyota bZ4X sudah terlebih dahulu meluncur pada 11 Mei 2022. Namun, mobil tersebut dipasarkan bukan dengan dijual massal, melainkan pake skema saja.

Berkaca dari spesifikasi yang ada di Jepang, Toyota bZ4X dibekali baterai lithium-ion 335 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh dan tersedia dalam dua varian yaitu motor listrik tunggal dan motor listrik ganda.

Untuk varian motor listrik tunggal, dayanya adalah 150 kW berpenggerak roda depan. Tenaga yang dihasilkan adalah 201 Tk. Mobil ini bisa menjangkau 500 km untuk tipe FWD.

Baca juga: Honda XL750 Transalp Meluncur, Pakai Mesin Generasi Baru

Sedangkan untuk varian kedua dengan motor listrik ganda, memakai penggerak all wheel drive (AWD) dengan tenaga yang lebih besar, yaitu 215 Tk. Sementara untuk jarak tempuh yang dihasilkan lebih pendek yakni 460 km.

Bicara soal pengisian daya, jika menggunakan DC atau fast charging hanya butuh waktu 30 menit dari posisi kosong hingga 80 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.