Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Spesifikasi Toyota bZ4X yang Meluncur Siang Ini

Kompas.com - 10/11/2022, 08:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Motor Indonesia akhirnya resmi meluncurkan mobil listrik berbasis baterai pertamanya, yakni bZ4X, hari ini Kamis (10/11/2022).

Kabar ini dipastikan setelah pihak pabrikan memberikan undangan ke redaksi Kompas.com atas peluncuran yang dijadwalkan pada Kamis, 10 November 2022 di Jakarta.

“Kami dengan hormat mengundang Anda untuk peluncuran Toyota All New bZ4X pada Kamis 10 November 2022” tulis Toyota dalam surat undangannya.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Guangzhou Meroket, Pasokan Komponen Berpotensi Macet

Dengan begitu, produk yang menjadi salah satu kendaraan resmi untuk tamu KTT G20 ini menjadi mobil listrik murni atau battery electric vehicle (BEV) pertama merek Toyota untuk pasar dalam negeri.

Toyota bZ4X dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Dibawa langsung oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) dari Jepang, mobil ini untuk kali pertama hadir di pasar Asia Tenggara.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Toyota bZ4X dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Dibawa langsung oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) dari Jepang, mobil ini untuk kali pertama hadir di pasar Asia Tenggara.

Sebagai informasi, pengembangan Toyota bZ4X dilakukan bersama dengan Subaru. Toyota bZ4X akan menggunakan platform e-TNGA yang telah didesain untuk kendaraan listrik Toyota.

Nama bZ sendiri merupakan singkatan dari Beyond Zero dan merupakan sebutan untuk keluarga kendaraan listrik Toyota yang akan datang. Perusahaan telah mengajukan merek dagang untuk bZ1X hingga bZ5X.

Di Jepang, Toyota bZ4X sudah terlebih dahulu meluncur pada 11 Mei 2022. Namun, mobil tersebut dipasarkan bukan dengan dijual massal, melainkan pake skema saja.

Berkaca dari spesifikasi yang ada di Jepang, Toyota bZ4X dibekali baterai lithium-ion 335 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh dan tersedia dalam dua varian yaitu motor listrik tunggal dan motor listrik ganda.

Untuk varian motor listrik tunggal, dayanya adalah 150 kW berpenggerak roda depan. Tenaga yang dihasilkan adalah 201 Tk. Mobil ini bisa menjangkau 500 km untuk tipe FWD.

Baca juga: Honda XL750 Transalp Meluncur, Pakai Mesin Generasi Baru

Sedangkan untuk varian kedua dengan motor listrik ganda, memakai penggerak all wheel drive (AWD) dengan tenaga yang lebih besar, yaitu 215 Tk. Sementara untuk jarak tempuh yang dihasilkan lebih pendek yakni 460 km.

Bicara soal pengisian daya, jika menggunakan DC atau fast charging hanya butuh waktu 30 menit dari posisi kosong hingga 80 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com