Kompas.com - 10/11/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Porsche akan meluncurkan 911 all-terrain pada acara Los Angeles Auto Show di 16 November 2022. Kabarnya model 911 yang paling ditunggu ini dilabeli nama Dakar.

Dikutip dari Carscoops, nama Dakar diambil dari 911 yang menang di Paris-Dakar Rally tahun 1984. Saat itu, 911 Carrera dimodifikasi jadi all-wheel drive dan punya kaki-kaki perkasa untuk menembus kerasnya reli.

Kabarnya, 911 Dakar akan memiliki suspensi yang bisa diatur tingginya agar bisa melewati jalanan yang tidak rata. Soal data teknis, Porsche memang belum membocorkannya secara publik.

Baca juga: Lihat Prototipe Mobil Listrik Porsche, Mirip Cayman dan Boxter

Porsche 911 DakarCARSCOOPS.COM Porsche 911 Dakar

Walau begitu, Porsche serius menggarap 911 Dakar, seperti prototipenya yang benar-benar dibawa tes ke medan berpasir sampai salju. Bahkan, Porsche mengetes mobilnya lebih kuran 500.000 Km, termasuk 10.000 Km off road untuk mendapatkan racikan sasis yang pas.

Porsche membawanya ke Dubai dan Maroko untuk melewati gunung pasir setinggi 50 meter dengan suhu mencapai 45 derajat celsius. Selain itu, prototipe juga dibawa ke danau beku di Swedia.

Selain itu, 911 Dakar juga dibawa ke Château de Lastours test track di Perancis, di mana tim Dakar Rally mencoba mobilnya sebelum dibawa ke reli sebenarnya. Jadi Porsche mengetes kemampuannya melewati batu dan rintangan lain.

Baca juga: Apa Bedanya PO Gunung Harta dengan Bus Merah dan Hijau?


Porsche Ambassador dan mantan juara reli Walter Röhrl mengatakan, 911 Dakar sangat menyenangkan untuk dikemudikan.

"Semuanya berjalan dengan presisi dan kalem. Tidak banyak customer Porsche yang percaya kemampuan dari 911 Dakar sampai mereka mencobanya sendiri," ucap Walter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.