Apa Bedanya PO Gunung Harta dengan Bus Merah dan Hijau?

Kompas.com - 09/11/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan Otobus (PO) Gunung Harta memang salah satu operator bus AKAP di Indonesia yang terkenal. Selain itu, nama Gunung Harta sebenarnya digunakan oleh dua perusahaan yang berbeda.

Kalau diperhatikan di jalanan, ada bus Gunung Harta berwarna hijau dan merah. Kedua bus ini walaupun memakai nama yang sama, tetapi punya perusahaan yang berbeda.

Yulius Jatmiko, Sekjen BisMania Community menjelaskan, dua bus dengan nama Gunung Harta tersebut masih satu keluarga tapi beda perusahaan.

Baca juga: Fasilitas Mewah Bus PO Mansion, Jok Nyaman dan Ada Dispenser

Bus AKAP PO Gunung HartaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus AKAP PO Gunung Harta

"Yang merah PT Gunung Harta Transport, yang hijau PT Gunung Harta Transport Solutions," ucap Yulius kepada Kompas.com, Selasa (8/11/2022).

Selain itu, kedua bus dengan nama Gunung Harta ini punya fokus jalur yang berbeda. Untuk Gunung Harta yang merah, fokus pada jalur Denpasar ke Pulau Jawa dan sebaliknya serta melayani jurusan Yogyakarta-Jabodetabek.

"Sedangkan yang hijau, fokus di jalur Madura, Malang, Tapal Kuda, Jawa Timur menuju Jabodetabek dan Bandung," ucap Yulius.

Baca juga: Bagnaia Ungkap Peran VR46 Academy dalam Meraih Juara Dunia MotoGP 2022


Kemudian, markas dari kedua bus pun berbeda. Untuk Gunung Harta yang hijau, terletak di Malang, Jawa Timur. Sedangkan yang merah punya markas di Pulau Bali.

"Yang merah di Tabanan, tempat lahirnya Gunung Harta pertama kali," ucap Yulius.

Jadi bisa dibilang kedua perusahaan bus masih bersaudara. Keduanya pun saling mengisi trayek sehingga semakin sering terlihat di jalan raya, baik ke arah Jawa Timur atau bahkan ke Pulau Bali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.