Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/11/2022, 16:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peristiwa sekumpulan remaja yang mengadang truk masih saja sering terjadi. Kali ini, truk dengan trailer mengangkut mobil menabrak pohon setelah menghindari empat orang yang tiba-tiba mengadang.

Dikutip dari unggahan video Romansa Sopir Truck di Instagram, kejadian ini terjadi di Jalur Pantura Siwalan, Jalan Pekalongan-Pemalang, Sabtu (5/11/2022) Siang.

Korbannya adalah pengemudi truk dan pengayuh becak mengalami luka-luka dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit.

Kemudian, sekumpulam remaja yang mengadang tadi langsung diamankan dan dibawa ke Polsek Sragi untuk penyelidikan lebih lanjut.

Baca juga: Bikin Campervan pakai Sasis Truk Engkel, Pastikan Khusus Penumpang

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

Menanggapi kejadian tersebut, Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, distraksi di jalan memang selalu ada, pengemudi maupun pihak berwajib harus bertindak.

"Distraksi di jalan itu banyak, sudah kah driver siap terhadap kondisi tersebut? Driver wajib punya strategi untuk menghindari kecelakaan," ucap Sony kepada Kompas.com, Minggu (6/11/2022).

Sony mengatakan, pengemudi truk harus bisa mengurangi atau menjaga kecepatan dan jarak di jalan yang sepi, gelap, terang, atau bahkan ramai. Selain itu, pengemudi harus lihat detail apa saja objek yang bisa jadi distraksi di jalan.

Baca juga: Impresi Perdana Berkendara Wuling Almaz Hybrid, Mulus dan Bertenaga

Selain antisipasi dari pengemudi, Sony menjelaskan kalau jajaran Pemerintah Daerah, kepolisian, sampai Dinas Perhubungan harus lakukan evaluasi. Pastikan jalan raya aman dari gangguan yang bisa berakibat celaka untuk siapa pun pengguna jalan.

"Ini evaluasi yang harus dilakukan jajaran Pemda, Kepolisian, dan Dishub untuk menertibkan jalan dan memberikan rasa nyaman bagi semua pengguna," ucap Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com