Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melepas Ban Serep Toyota Innova Reborn dengan Benar

Kompas.com - 05/11/2022, 08:42 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

DEMAK, KOMPAS.com - Toyota Innova Reborn merupakan mobil MPV yang cukup diandalkan oleh masyarakat Indonesia.

Mobil ini mampu menampung banyak orang serta memiliki bagasi yang cukup lega. Konsekuensinya, ban serep mobil ini diletakkan di bawah mobil sehingga tidak memakan ruang kabin.

Untuk melepas ban serep Toyota Innova Reborn, dibutuhkan alat khusus yaitu alat bawaan pabrik. Lantas, bagaimana cara melepasnya?

Baca juga: Bocoran Waktu Peluncuran Innova Zenix Hybrid

Modifikasi Toyota Kijang Innovaativusdesign.com Modifikasi Toyota Kijang Innova

Technical Leader Nasmoco Demak Eko Sulistyo, mengatakan pelepasan ban serep Toyota Innova Reborn harus menggunakan alat khusus bawaaan pabrik.

“Alat bawaan pabrik ini ada di bagasi, sebelah kiri, perlu melepas dudukan bangku dan trim dengan memutar knop unlock untuk menarik trim dengan perlahan,” ucap Eko kepada Kompas.com, Jumat (4/11/2022).

Eko mengatakan, alat khusus tersebut ada di kotak alat bersama dengan dongkrak dan kunci lainnya.

Baca juga: Toyota Unggah Teaser Terbaru Innova Zenix Hybrid

Body kit Toyota Innova Reborn - Fiar DesignCHANUT WANNASARNMETHA Body kit Toyota Innova Reborn - Fiar Design

“Alat tersebut perlu dirakit atau disambung dengan memperhatikan ujung alat yang berbentuk pancing, itu nantinya yang akan dimasukkan ke dalam lubang tuas ban serep,” ucap Eko.

Eko melanjutkan penjelasan, lubang tersebut mudah dikenali, karena akan terlihat di bagian bagasi ketika pintu bagasi dibuka.

“Ban serep ada di bawah mobil, terikat dengan bingkai yang ditahan dengan katrol sederhana dari material rantai, nah lubang tersebut sebenarnya untuk memutar katrol, sehingga ban serep akan turun dan naik,” ucap Eko.

Baca juga: Angkat Tema Smart and Eco Community, Loyalis Innova Touring ke Surabaya

Untuk menurunkan ban serep, kata Eko, langkah pertama adalah memasukkan tuas yang sudah dirakit dengan benar ke dalam lubang.

“Nanti akan terasa ujung tuas terkait dengan tuas di dalamnya, sedangkan pangkal tuas perlu disambung tegak lurus dengan kunci roda, setelah itu bisa diputar berlawanan dengan arah jarum jam tuasnya untuk menurunkan ban serep,” ucap Eko.

Setelah ban serep turun, maka ban sudah bisa langsung diambil untuk dilakukan penggantian dengan ban yang ingin diganti. Sementara untuk pemasangan ban serep ke dudukan sebelumnya bisa dengan cara sebaliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com