Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Melepas Ban Serep Toyota Innova Reborn dengan Benar

DEMAK, KOMPAS.com - Toyota Innova Reborn merupakan mobil MPV yang cukup diandalkan oleh masyarakat Indonesia.

Mobil ini mampu menampung banyak orang serta memiliki bagasi yang cukup lega. Konsekuensinya, ban serep mobil ini diletakkan di bawah mobil sehingga tidak memakan ruang kabin.

Untuk melepas ban serep Toyota Innova Reborn, dibutuhkan alat khusus yaitu alat bawaan pabrik. Lantas, bagaimana cara melepasnya?

Technical Leader Nasmoco Demak Eko Sulistyo, mengatakan pelepasan ban serep Toyota Innova Reborn harus menggunakan alat khusus bawaaan pabrik.

“Alat bawaan pabrik ini ada di bagasi, sebelah kiri, perlu melepas dudukan bangku dan trim dengan memutar knop unlock untuk menarik trim dengan perlahan,” ucap Eko kepada Kompas.com, Jumat (4/11/2022).

Eko mengatakan, alat khusus tersebut ada di kotak alat bersama dengan dongkrak dan kunci lainnya.

“Alat tersebut perlu dirakit atau disambung dengan memperhatikan ujung alat yang berbentuk pancing, itu nantinya yang akan dimasukkan ke dalam lubang tuas ban serep,” ucap Eko.

Eko melanjutkan penjelasan, lubang tersebut mudah dikenali, karena akan terlihat di bagian bagasi ketika pintu bagasi dibuka.

“Ban serep ada di bawah mobil, terikat dengan bingkai yang ditahan dengan katrol sederhana dari material rantai, nah lubang tersebut sebenarnya untuk memutar katrol, sehingga ban serep akan turun dan naik,” ucap Eko.

Untuk menurunkan ban serep, kata Eko, langkah pertama adalah memasukkan tuas yang sudah dirakit dengan benar ke dalam lubang.

“Nanti akan terasa ujung tuas terkait dengan tuas di dalamnya, sedangkan pangkal tuas perlu disambung tegak lurus dengan kunci roda, setelah itu bisa diputar berlawanan dengan arah jarum jam tuasnya untuk menurunkan ban serep,” ucap Eko.

Setelah ban serep turun, maka ban sudah bisa langsung diambil untuk dilakukan penggantian dengan ban yang ingin diganti. Sementara untuk pemasangan ban serep ke dudukan sebelumnya bisa dengan cara sebaliknya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/05/084200115/cara-melepas-ban-serep-toyota-innova-reborn-dengan-benar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke