Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/11/2022, 13:21 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran khusus sepeda motor Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 kembali digelar setelah absen pada 2020. Pameran ini awalnya diproyeksikan sebagai barometer roda dua nasional.

IMOS merupakan hajatan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), mirip seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Namun tidak semua anggota AISI ikut IMOS 2022. Ada anggota yang memilih absen pameran, yaitu TVS. Merek asal India dan satu-satunya jenama non Jepang yang berada di AISI.

Baca juga: Ada Honda WR-V, Cek Perbandingan Harga SUV Murah November 2022

Deretan motor listrik Honda di IMOS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Deretan motor listrik Honda di IMOS 2022

Rizal Tandju, Deputy General Manager Marketing & Dealer Development PT TVS Motor Company Indonesia, mengatakan ketimbang ikut pameran TVS memilih fokus untuk pengembangan dealer.

"Tahun ini kami sedang fokus untuk pengembangan jaringan dealer dan pasca Covid-19 ini kami juga masih membatasi event offline. Semoga IMOS selanjutnya TVS bisa ikut lagi," kata Rizal kepada Kompas.com, Kamis (3/11/2022).

Tema IMOS 2022

Di sisi lain, IMOS 2022 mengusung tema Ride a Better Lifestyle yang disebut menampilkan sejumlah terobosan teknologi untuk keamanan, kenyamanan, dan gaya hidup masyarakat Indonesia.

Baca juga: Jelang KTT G20, Polisi Tambah Titik Kamera Tilang Elektronik

Yamaha unjuk diri di IMOS 2022 dengan menampilkan motor listrik Yamaha E01 lengkap dengan stasiun pengisian baterai sebagai daya tarik utama.KOMPAS.com/Janlika Yamaha unjuk diri di IMOS 2022 dengan menampilkan motor listrik Yamaha E01 lengkap dengan stasiun pengisian baterai sebagai daya tarik utama.

Namun dari empat merek Jepang anggota AISI hanya Honda dan Yamaha yang memamerkan motor listrik dan itupun belum dijual untuk umum.

Adapun Suzuki meluncurkan Suzuki V-Strom SX250 untuk menggairahkan segmen adventure serta membawa skutik Avenis 125. Sedangkan Kawasaki hanya tebar promo tanpa ada produk baru.

Honda memajang tiga motor listrik, yaitu PCX Electric, Gyro e dan Benly e. Kemudian Yamaha memajang Yamaha E01 yang sebelumnya sudah hadir di IIMS 2022, dan saat ini sedang tes pasar.

Baca juga: Bus Listrik BTS Mulai Melayani Surabaya dan Bandung

ION Mobility M1-SJanlika Putri/ Kompas.com ION Mobility M1-S

Meski Honda dan Yamaha serius untuk tejun ke motor nol emisi dan sudah memberikan rencana jangka panjang di Indonesia, tema Ride a Better Lifestyle di IMOS 2022 justru ditopang oleh merek di luar AISI.

Ada 14 merek motor listrik di IMOS 2022. Merek elektronik Polytron yang terkenal sebagai produsen TV kini meluncurkan motor listrik Fox-R dan T-Rex. Ada juga pemain baru ION Mobility yang mulai mencuri perhatian.

Merek lain yaitu Davigo, Energica, NIU dan Treeletrik. Sementara dealer Smartby EV Centre akan memamerkan U-Winfly, Volta, ECGO, BF Goodrich, Sunrace, Bravo, Goda dan I Moto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.