Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang KTT G20, Polisi Tambah Titik Kamera Tilang Elektronik

Kompas.com - 04/11/2022, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 pada 15-16 November 2022, polisi menambah sejumlah kamera pengawas untuk mendukung penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik.

Kamera pengawas itu akan disebar di tujuh titik strategis jelang perhelatan KTT G20.

“Kami memasang tujuh titik lagi tambahan,” ucap Kepala Satuan Patroli Jalan Raya (Kasat PJR) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Bali AKBP Made Suarjana, dikutip dari NTMC Polri, Rabu (2/11/2022).

Adapun untuk kamera tilang elektronik akan dipasang di sejumlah ruas jalan antara lain Jalan Imam Bonjol, Denpasar, Sunset Road, Kuta, akses menuju Tol Bali Mandara. Kamera pengawas itu merupakan pemberian Korlantas Polri.

Baca juga: Motor Listrik Yamaha E01 Pamer Diri di IMOS 2022

“Kami hanya menentukan titik-titiknya di mana saja dan ini pun juga asistensi dari mereka (Korlantas) titik mana yang sekiranya perlu diisi untuk penindakan dalam elektronik,” kata dia.

Kakorlantas Polri lepas armada kendaraan listrik untuk mengawal KTT G20 di Bali.Dok. NTMC Polri Kakorlantas Polri lepas armada kendaraan listrik untuk mengawal KTT G20 di Bali.

Suarjana melanjutkan, nantinya kamera pengawas ini yang bakal melakukan pengawasan terhadap pengendara yang melanggar lalu lintas. Adapun, polisi di lapangan hanya akan memberikan teguran tanpa menilang di tempat.

Kedepannya, bakal ada penambahan kamera pengawas di beberapa titik untuk mendukung ETLE. Namun, titik-titik pemasangan kamera pengawas itu masih menunggu keputusan Mabes Polri.

“Kedepannya kami memang memakai sistem electronic enforcement (ETLE),” ucapnya.

Baca juga: Tak Masuk Rencana AHM, PCX Electric Masih Dipertimbangkan

Selain itu, pemerintah juga akan menerapkan pembatasan mobilitas dengan sistem pelat nomor ganjil-genap mulai 11-17 November mendatang. Hal ini bertujuan agar tidak timbul kemacetan selama pelaksanaan KTT G20.

Sistem ganjil-genap itu nantinya akan diterapkan di 10 ruas jalan yang bakal dilintasi oleh delegasi G20. Sepuluh ruas jalan itu antara lain, Simpang Pesanggaran-Simpang Sanur, Simpang Kuta-Simpang Pesanggaran, Simpang Kuta-Tugu Ngurah Rai, Tugu Ngurah Rai-Nusa Dua, hingga, Kampus Udayana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.