Kompas.com - 04/11/2022, 12:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Merek Kia di Indonesia memang terkenal dengan mobil penumpangnya yang mewah dengan banyak fitur. Tapi di dunia militer, Kia juga punya lini produk kendaraan taktis (rantis) yang bisa diandalkan.

Salah satu rantis dari Kia redaksi temukan di Indo Defence Expo & Forum 2022 di JI Expo, Kemayoran, yang berlangsung dari tanggal 2 sampai 5 November. Rantis Kia yang ditampilkan adalah model Kia Light Tactical Vehicle (KLTV) Bulletproof Reconnaissance Vehicle.

Secara model, KLTV ini punya bentuk yang rugged, artinya kasar atau tangguh, mengingat fungsinya sebagai rantis. Ketika dipegang pun terasa bahwa bodinya sangat tebal, dibalut dengan cat yang juga kasar.

Baca juga: Wuling Siap Jajaki Ekspor Almaz Hybrid, Khusus Setir Kanan

Pada bagian atap, dipasang cover pelindung untuk senjata, begitu juga di depannya ada smoke launcher. Untuk versi yang dibawa di pameran, memang cuma bisa diisi sampai empat orang dan model standard wheelbase.

Lihat kendaraan taktis KIA dari dekat, anti peluru dan bisa melaju sampai 130 kpjKompas.com/Fathan Lihat kendaraan taktis KIA dari dekat, anti peluru dan bisa melaju sampai 130 kpj

Beralih ke samping, tampak mobil yang dibawa sudah antipeluru alias bulletproof, bisa dilihat dari kaca dan pintunya yang tebal. Untuk rodanya, sudah memakai pelek besi two pieces dan Run Flat Tire (RFT) yang bisa menempuh jarak 48 Km di 48 kpj saat kempis.

Soal spesifikasi, KLTV dibekali mesin diesel bertenaga 225 PS atau sekitar 222 TK dan torsi sekitar 500 Nm. Tenaga tadi dialirkan ke empat roda dengan transmisi otomatis delapan percepatan dan dua percepatan untuk transfer case.

Baca juga: Bandung dan Surabaya Jadi Pilot Project Layanan BTS Bus Listrik

KLTV punya kecepatan puncak sampai 130 kpj dan bisa melewati genangan air setinggi 760 mm. Selain itu, tidak menemui masalah saat diajak menanjak dengan gradient 60 persen dan berjalan di kemiringan sampai 40 derajat.

Agar semakin lincah di medan perang, KLTV punya radius putar 7,8 meter dan dalam satu tangki penuh, bisa menempuh sekitar 640 Km.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.