Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Benar Mengecas Baterai Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5

Kompas.com - 01/11/2022, 16:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik memerlukan perawatan yang berbeda dibandingkan dengan mobil konvensional. Salah satunya dalam hal mengecas baterai.

Sebagian orang menyebutkan bahwa mengecas baterai mobil listrik hingga 100 persen tidaklah efisien. Bahkan, tidak disarankan karena dapat mengurangi life cycle dari baterai.

Baca juga: Baterai Ioniq 5 Bermasalah, Hyundai Sebut Itulah Kecanggihannya

Suprayetno, Head of Service Planning and Strategy Department Hyundai Motors Indonesia (HMID), mengatakan, pada mobil listrik Hyundai tidak jadi masalah apabila dicas hingga 100 persen.

Head unit Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Head unit Hyundai Ioniq 5

"Karena mobil listrik Hyundai memiliki sistem yang dapat secara otomatis memutus aliran pengisian daya atau cut off apabila sudah terisi penuh," ujar Suprayetno, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Suprayetno mengatakan, mengenai perilaku charging yang tepat untuk mobil listrik Hyundai, pada dasarnya seperti pola pengisian daya listrik pada umumnya.

Baca juga: Hyundai Ioniq 5 Masih Inden Setahun Lebih

"Sama seperti kita mengecas smartphone. Untuk daily charging disarankan untuk selalu menggunakan slow charging (AC Charging). Quick/Fast Charging disarankan hanya digunakan bilamana melakukan travel yang jauh dan mengharuskan pengisian daya di tengah perjalanan," kata Suprayetno.

Fitur Vehicle-2-Load (V2L) pada mobil listrik Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Fitur Vehicle-2-Load (V2L) pada mobil listrik Hyundai Ioniq 5

Suprayetno menyarankan untuk menggunakan fasilitas pengisian daya listrik, baik yang disediakan oleh Hyundai di fasilitas umum seperti di diler Hyundai dan juga SPKLU yang sudah tersedia saat ini.

"Terakhir, bagi para pengguna mobil listrik untuk selalu melakukan travel planning dan travel management. Memperhatikan jarak tempuh yang akan dilakukan dan juga memperhatikan kapasitas baterai listrik yang ada di mobil listrik yang dimiliki. Sehingga dapat selalu mengatur waktu melakukan pengisian daya listrik pada mobil listrik untuk perjalanan yang lebih nyaman," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.