Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genesis G80 dan Ioniq 5 untuk G20 Langsung Diterbangkan ke Bali

Kompas.com - 25/10/2022, 14:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Genesis G80 dan Hyundai Ioniq 5 untuk keperluan acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Indonesia resmi diserahkan Hyundai Indonesia ke Kementerian Sekertaris Negara, Rabu (25/10/2022).

Menteri Sekertaris Negara Pratikno mengatakan, total 393 unit kendaraan listrik berbasis baterai (batery electric vehicle/BEV), yang terdiri dari 131 unit Genesis G80 dan 282 unit Ioniq 5, itu akan langsung diterbangkan ke Bali.

"Habis dari sini (seremoni penyerahan oleh Hyundai) langsung dibawa ke sana. Soalnya waktunya sudah mepet juga," kata dia di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Hyundai Resmi Serahkan 393 Unit Kendaraan Listrik untuk KTT G20

Genesis G80KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Genesis G80

Sehingga, 536 unit kendaraan listrik yang akan digunakan untuk deligasi di gelaran KTT G20 sudah siap pakai. Sebelumnya, pengadaan mobil dengan jenis serupa juga dihadirkan Toyota dengan total 143 unit.

Dari jumlah tersebut, 41 unit diantaranya terdiri dari Toyota bZ4X dan 102 unit lainnya ialah Lexus UX300e. Seluruh mobil didatangkan langsung dari Jepang alias diimpor secara utuh (completely built-up/CBU).

Lebih jauh, Pratikno mengatakan bahwa Genesis G80 yang bakal digunakan oleh kepala negara pada acara G20 sangat spesial karena mendapatkan penyesuaian.

"Ini edisi spesial, lebih panjang (sekitar 20 cm) dan aksesori di dalamnya juga ada tulisan G20 dari karpet dan lain-lain," kata dia.

"Genesis yang dipanjangkan ini akan digunakan oleh kepala negara. Lalu, varian yang standar akan jadi mobil cadangan. Ioniq 5, digunakan oleh para Menteri deligasi yang lain," lanjut Pratikno.

Baca juga: Mobil Listrik Jaguar I-PACE Meluncur di Indonesia, Dijual Rp 2,9 M

Handover Ceremony Genesis G80 dan Hyundai Ioniq 5 untuk KTT G20 di Jakarta, Rabu (25/10/2022).KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Handover Ceremony Genesis G80 dan Hyundai Ioniq 5 untuk KTT G20 di Jakarta, Rabu (25/10/2022).

Dalam kesempatan terpisah, Young Tack Lee, President Hyundai Motor Asia Pacific Headquarters menyatakan bahwa Genesis G80 khusus tersedia 44 unit dari total 131 unit yang dibawa.

Mobil akan dijadikan transportasi VVIP, sementara produk Hyundai lainnya digunakan untuk keperluan lain seperti kendaraan untuk pasangan dari para rombongan deligasi, protokol, keamanan, sampai tim penyelamat.

"Genesis Electrified G80 Special Edition Long-Wheelbase akan digunakan sebagai kendaraan VVIP. Sedangkan untuk model Regular Model Standard-Wheelbase dan Ioniq 5 digunakan untuk keperluan lain," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com