Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal dan Lokasi Pelayanan SIM Keliling Terdekat di Bekasi Hari Ini

Kompas.com - 29/10/2022, 06:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pengendara mobil atau sepeda motor, diwajibkan untuk membawa Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masa berlakunya masih aktif. Meskipun di akhir pekan, pemilik SIM tetap bisa melakukan perpanjangan masa berlakunya.

Untuk melakukan perpanjangan masa berlaku SIM, tidak harus di Satpas SIM. Pemegang SIM juga bisa melakukannya di layanan SIM keliling yang digelar oleh pihak kepolisian setempat.

Baca juga: Begini Aturan Penilaian Ujian Praktik Bikin SIM di Indonesia

Untuk warga Bekasi yang ingin melakukan perpanjangan masa berlaku SIM, Polres Metro Bekasi Kota juga memberikan kemudahan dengan menggelar layanan SIM keliling pada titik tertentu setiap harinya.

Dua unit layanan SIM bus keliling di depan kantor Satpas DIY- Dua unit layanan SIM bus keliling di depan kantor Satpas DIY

Tapi, perlu diingat bahwa untuk layanan yang diterima pada SIM keliling hanyalah perpanjangan masa berlaku SIM A (mobil) dan SIM C (motor) saja. Untuk pemilik SIM B1 dan B2, tetap harus melakukannya di Satpas SIM.

Biaya yang dibutuhkan tetap sama, sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak adalah Rp 80.000 untuk perpanjangan SIM A, dan Rp 75.000 untuk perpanjangan SIM C.

Baca juga: Catat, Ini Syarat Usia Minimal Bikin SIM di Indonesia

Ilustrasi layanan SIM KelilingRedaksi 86 Ilustrasi layanan SIM Keliling

Jangan lupa juga untuk menyiapkan syarat perpanjangan masa berlaku SIM, yakni membawa fotokopi KTP, fotokopi SIM lama dan SIM asli, dan bukti cek kesehatan, serta bukti tes psikologi.

Untuk layanan SIM keliling terdekat di Bekasi Kota, Sabtu (2/10/2022), ada di Revo Town Bekasi, Jl. A. Yani, No. Kav 1, mulai 08.00 WIB hingga 10.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com