Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota GR86 Terbaru Pakai Turbo dan Teknologi Hybrid

Kompas.com - 28/10/2022, 19:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota GR86 jadi salah satu mobil sport yang banyak diminati di banyak negara. Sedan sport ini dikabarkan akan dilengkapi juga dengan turbo dan teknologi hybrid.

Dikutip dari Carbuzz.com, Jumat (28/10/2022), Toyota dikabarkan akan membuat generasi ketiga GR86 dengan tambahan turbocharger pada dapur pacunya. Disebutkan juga bahwa saat ini Toyota sedang mengembangkan penerus GR86 yang diprediksi akan meluncur pada 2025.

Baca juga: Bodykit Buat Toyota GR86, Bikin Tampilan Lebih Liar

Tidak hanya membocorkan soal dapur pacu, Best Car Web juga membuat rendering dari generasi terbaru GR86. Tampilannya bisa dikatakan sangat berbeda dengan model yang beredar di pasaran sekarang ini.

Rendering generasi keempat Toyota GR86Dok. Best Car Web Rendering generasi keempat Toyota GR86

Sedangkan untuk dapur pacunya, generasi keempat GR86 akan dibekali dengan mesin yang sama dengan GR Yaris, yakni mesin berkode G16E-GTS.

Mesin 1.6 liter, 3-silinder, tersebut diklaim dapat menghasilkan tenaga mulai 257 tk hingga 268 tk. Tenaga tersebut jauh lebih besar dibandingkan dengan yang dapat dihasilkan oleh mesin 2.4 liter yang dipakai sekarang, yakni hanya 228 tk.

Baca juga: Edisi Satu Dekade Toyota GR86 dan Subaru BRZ, Cuma 200 Unit

Sementara untuk platform, diyakini Toyota akan meminjam platform dari sedan Lexus IS. Meski demikian, banyak yang meyakini bahwa sensasi berkendaranya akan terasa lebih sporty.

Rendering generasi keempat Toyota GR86Dok. Best Car Web Rendering generasi keempat Toyota GR86

Selain turbocharger, GR86 juga dikabarkan akan dibekali dengan teknologi hybrid yang sama seperti yang disematkan pada Toyota Crown terbaru.

Penambahan turbo dan sistem hybrid ini diyakini sebagai strategi Toyota untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi.

Namun demikian, pihak Toyota masih menyangkal akan adanya tambahan turbo dan hybrid pada GR86. Meski sudah terpikirkan, tapi belum diwujudkan.

Toyota GR86CNF Concept yang menggunakan bahan bakar karbon netralDok. Carscoops.com Toyota GR86CNF Concept yang menggunakan bahan bakar karbon netral

"Ya, kami berpikir untuk masa depan tentang kemungkinan menggunakan itu, tapi tidak ada rencana pasti untuk sekarang ini. Untuk sekarang, kami hanya menggunakan GR86 untuk mengembangkan bahan bakar netral karbon" ujar Naoyuki Sakamoto, Kepala Teknisi Gazoo Racing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com