Mio S Setop Produksi, Begini Perjalanan Yamaha Mio Sejak Meluncur

Kompas.com - 27/10/2022, 17:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Yamaha Mio S resmi dihentikan penjualannya oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Hal ini menyusul Mio Z yang juga disuntik mati pada Agustus 2022.

Praktis, skutik entry level Yamaha tinggal Mio M3, Fino, X-Ride, Freego, Gear 125, dan Fazzio. Mio M3 jadi model paling terjangkau yang kini dibanderol mulai Rp 17,135 juta.

Padahal Mio S jadi varian Yamaha Mio paling muda, di mana skutik ini meluncur pada 2017, setelah Mio Z yang hadir tahun 2016.

Baca juga: Jalan Tol Pertama yang Punya Terowongan Terpanjang di Indonesia

Yamaha Mio ZDok. YIMM Yamaha Mio Z

“Itu wajar sekali, umum sekali, kan enggak semata-mata ada produk yang discontinue, kemudian produk itu dicap gagal. Enggak seperti itu, karena perubahan itu tetap ada,” ucap Asst GM Marketing & Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro, kepada wartawan di Bogor (25/10/2022).

Seperti diketahui, desain Mio S berbeda dibanding Mio-Mio sebelumnya, bentuk sayap dan tebeng depan lebih mengecil jika bandingkan dengan Yamaha Mio Z.

Lampunya menggunakan LED alias Light Emitting Diode warna putih. Sementara mesin masih sama dengan Yamaha Mio Z maupun Mio M3.

Baca juga: Teaser Honda WR-V Muncul, Bocoran Harga Mulai Terdengar

Yamaha Mio S dibekali dengan mesin 125 cc yang mampu menghasilkan tenaga 9,4 tk pada 8.000 rpm dan Torsi 9,6 nm di 5.500 rpm.

Mesin ini pada dasarnya telah digunakan Mio M3 sejak 2014. Ketika itu, Mio M3 jadi skutik murah Yamaha pertama yang pakai mesin 125 cc.

Mesin ini bahkan masih bertahan sampai sekarang, dan menjadi basis pengembangan dapur pacu Gear 125 maupun Fazzio.

Baca juga: Biaya Kepemilikan Ertiga Hybrid Berdasarkan Servis dan Pajak

Yamaha Mio GTkompas.com Yamaha Mio GT

Sebagai informasi, Mio pertama kali meluncur pada 2003. Ketika itu, Mio sengaja dihadirkan buat kaum hawa dan mengusung model mungil dengan mesin berkapasitas 115 cc. Pada 2004, muncul juga Mio Sporty dengan pelek racing.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.