Kompas.com - 26/10/2022, 16:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain sebagai mobil MPV dengan teknologi hybrid termurah untuk saat ini, Suzuki Ertiga Hybrid rupanya juga menawarkan biaya kepemilikan yang cukup kompetitif.

Untuk perawatan berkala selama lima tahun dalam kondisi terendah, pemilik Ertiga Hybrid hanya perlu menyisihkan uang sebesar Rp 13.337 per hari.

Hariadi, Asst.to Dept.Head 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, selain menawarkan produk dengan fitur beragam dan harga kompetitif, biaya kepemilikan yang terjangkau juga jadi prioritas upaya memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen.

"Dengan adanya gambaran estimasi biaya kepemilikan yang kami informasikan dapat memudahkan konsumen menjatuhkan pilihan kepada All New Ertiga Hybrid. Selain itu, Suzuki juga memberikan garansi untuk komponen teknologi Suzuki Smart Hybrid yaitu ISG (Integrated Starter Generator) dan baterai Lithium-ion selama 5 tahun atau setara 100.000 km," ucap Hariadi dalam keterangan resminya, Rabu (26/10/2022).

Baca juga: Tes Akselerasi 5 MPV Murah Terlaris, Siapa Tercepat?

Calon konsumen Ertiga Hybrid, mendapat gratis perawatan tiga tahun atau jarak tempuh 50.000 kilometer (km). Bila konsumen menggunakan kendaraan hingga lima tahun atau 100.000 km, biaya baru muncul pada servis berkala 40.000, 60.000, hingga 100.000 km.

Hariadi mengklaim, total biaya perawatan hingga 100.000 km untuk Ertiga Hybrid mencapai Rp 5.396.750 atau Rp 2.957 per hari untuk transmisi matik, dan manual Rp 5.967.050 atau RP 3.269 per hari.

Servis berkala meliputi penggantian fast moving parts, produk Ecstar dan jasa, namun tidak termasuk untuk penggantian parts di luar paket perawatan berkala.

Untuk pajak kendaraan bermotor (PKB) Ertiga Hybrid yang biasa dibayarkan tiap tahunnya sebesar Rp 3.675.000. Bila dibagi per hari, pemilik cukup menyisihkan Rp 10.068 per hari, baik untuk transmisi matik atau manual.

Baca juga: Ertiga Hybrid Salah Satu Kontributor Utama Penjualan Suzuki Indonesia

Tapi perlu diingat, hitungan tersebut merupakan pajak normal bukan progresif karena jumlahnya pasti akan berbeda.

Sementara untuk harga unit on the road (OTR) Jakarta, Ertiga Hybrid varian Suzuki Sport transmisi matik sebesar Rp 292,3 juta, dan manual Rp 281,3 juta. Untuk versi GX matik Rp 281,3 dan Rp 270,3 juta untuk GX manual.

Suzuki Ertiga Smart HybridSIS Suzuki Ertiga Smart Hybrid

Meski demikian, Hariadi mengatakan, total biaya kepemilikan Ertiga Hybrid akan menyesuaikan dengan jenis pilihan bahan bakar yang digunakan konsumen. Termasuk jarak tempuh serta rute yang berpengaruh pada efisiensi dan biaya secara keseluruhan.

"Dengan gambaran biaya kepemilikan tersebut, pemilik bisa lebih tenang dan hemat menggunalan Ertiga Hybrid setia harinya," ujar Hariadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.