Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Setop Produksi Skutik Mio S

Kompas.com - 27/10/2022, 07:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Jajaran skutik entry level Yamaha kehilangan salah satu produk andalannya. Per Oktober 2022, Yamaha Mio S resmi discontinue atau tidak dilanjutkan penjualannya.

Asst GM Marketing & Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro, mengatakan, sudah tidak terdapat di lini produk Yamaha.

“Kita selalu meng-upgrade produk itu bukan hanya sekadar model tapi juga warna. Kemudian kita juga lihat mana yang memang diinginkan oleh pasar,” ujar Antonius, kepada wartawan di Bogor (25/10/2022).

Baca juga: Impresi Awal Jajal Motor Listrik Yamaha E01, Rasanya Mirip Naik NMAX

Mio S.Ghulam/KompasOtomotif Mio S.

“Jadi perubahan produk, mengganti produk, atau mengeluarkan produk baru itu bagian dari inovasi dan jawaban atas kebutuhan konsumen,” kata dia.

Untuk diketahui, Yamaha meluncurkan Mio S pada Oktober 2017. Kemudian, pabrikan berlogo garpu tala ini terakhir kali menyegarkan Mio S pada Maret 2019.

Semenjak itu, bisa dibilang skutik ini minim promosi. Terakhir pada September 2022, Mio S masih dijual dengan banderol Rp 17.050.000. Secara segmentasi, Mio S berada di level yang sama dengan Mio M3.

Baca juga: Baterai Ioniq 5 Bermasalah, Hyundai Sebut Itulah Kecanggihannya

Adapun di kelas entry level, saat ini Yamaha lebih berfokus dengan Mio M3, Fino, X-Ride, Gear 125, Freego, hingga Fazzio. Tercatat, Mio S jadi produk ketiga yang dihentikan penjualannya pada tahun ini, setelah Mio Z dan Soul GT. 

“Itu wajar sekali, umum sekali. Kan enggak semata-mata ada produk yang discontinue, kemudian produk itu dicap gagal, enggak seperti itu. Karena perubahan itu tetap ada,” ucap Antonius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com