Kompas.com - 25/10/2022, 10:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Generasi baru sepeda motor matik atau skutik, semuanya sudah menggunakan sistem injeksi yang digadang-gadang lebih irit dan bertenaga dibandung karburator

Meski demikian, ternyata di pasar motor bekas masih tersaji pilihan skutik lawas dengan karburator. Hal tersebut tak lain karen harga jualnya lebih terjangkau.

Dengan modal Rp 5 jutaan, konsumen bisa mendapatkan skutik dengan karburator yang usia pakainya rata-rata sudah di atas 10 tahun.

Namun, apakah masih benar-benar menguntungkan untuk saat ini membeli skutik lawas dengan teknologi karburator? 

Baca juga: Skutik Baru Kymco Pesaing Vario dan Aerox, Dijual Rp 41 Jutaan

Ilustrasi Honda BeAT generasi pertamaIstimewa Ilustrasi Honda BeAT generasi pertama

Pemilik Showroom Bowo Motor Dwi Prabowo mengatakan, beberapa konsumen tertarik dengan skutik karburator keluaran 2012 ke bawah karena dianggap punya durabilitas yang lebih baik.

"Kebanyakan dijadikan sebagai armada tempur harian, mereka (konsumen) memilih unit keluaran lama ada yang mempertimbangkan biaya perawatan," kata Bowo kepada Kompas.com, Senin(24/10/2022). 

Urusan perawatan, kata dia, banyak konsumen beranggapan bahwa skutik karbu unggul karena lebih ramah mengonsumsi bakar minyak (BBM) kualitas rendah. 

Skutik yang masih menggunakan karburator dinilai lebih kuat dan tidak terlalu sensitif seperti injeksi. Dengan demikian, jarang sampai kejadian mesin ngelitik. 

"Beberapa ada yang bilang, akselerasi dapat dan nomor satu perawatan tiada tanding (lebih murah). Fleskibel dipakai transportasi harian dan tidak rewel," ucapnya. 

Baca juga: Pilihan Skutik Bekas Harga Rp 10 Juta, Vario 125 Jadi Primadona

Sementara itu, Pemilik Bengkel Malam Karangawen, Shokibul mengatakan, tidak ada bedanya perawatan skutik karburator dan injeksi. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.