Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagnaia Cukup Main Aman di GP Valencia demi Titel Juara Dunia

Kompas.com - 25/10/2022, 07:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia belum berhasil mengunci gelar Juara Dunia di GP Malaysia, Minggu (23/10/2022). Namun, di atas kertas Pecco punya kans besar pada seri terakhir GP Valencia.

Saat ini Bagnaia memimpin klasemen dengan 258 poin, unggul 23 poin dari Fabio Quartararo yang memiliki total 235 poin. Sehingga Pecco cuma butuh tambahan dua poin untuk jadi juara dunia.

Baca juga: Langkah Pemeriksaan Truk Sebelum Berangkat, Ada Delapan Titik

Menghadapi seri terakhir di GP Valencia pada 6 November 2022, pebalap tim pabrikan Ducati itu mengatakan tetap akan tampil sebaik mungkin sama seperti balapan di seri-seri yang lain.

"Hanya ada dua poin tersisa untuk memenangkan gelar, dan kami memiliki peluang yang sangat bagus di Valencia. Saya ingin mendekati balapan seolah-olah itu adalah balapan akhir pekan yang normal," kata Bagnaia dikutip dari akun Twitter Ducati Corse, Selasa (25/10/2022).

Pecco bisa langsung meraih gelar musim ini jika menang di GP Valencia dengan catatan pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo finis di posisi kedua atau di bawahnya.

Jika menang di GP Valencia, Pecco akan mendapat tambahan 25 poin menjadi 283 poin. Sedangkan jika Quartararo finis di posisi kedua totalnya 255 poin, yang artinya tidak bisa dikejar.

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta Akan Perbanyak Charging Station Kendaraan Listrik

Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat balapan MotoGP Malaysia 2022 di Sirkuit Sepang, Minggu (23/10/2022). Fabio Quartararo finis ketiga di belakang Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini. (Foto oleh MOHD RASFAN/AFP)AFP/MOHD RASFAN Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat balapan MotoGP Malaysia 2022 di Sirkuit Sepang, Minggu (23/10/2022). Fabio Quartararo finis ketiga di belakang Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini. (Foto oleh MOHD RASFAN/AFP)

Jika Pecco finis posisi kedua, sedangkan Quartararo finis di posisi pertama maka gelar juara dunia tetap akan jatuh ke tangan rider Ducati tersebut.

Peluang Quartararo untuk mempertahankan gelar tahun ini tipis. Dia bisa meraih gelar juara dunia 2022 jika menang di GP Valencia, dengan catatan Bagnaia finis di posisi ke-15 atau lebih buruk.

Jika menang di GP Valencia, Quartararo akan mendapat tambahan 25 poin menjadi 260 poin. Sedangkan jika Bagnaia finis di urutan ke-15 total poin yang dimiliki adalah 259.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com