Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2022, 09:02 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Saat ini merek mobil asal China mulai membanjiri Indonesia. Dari sekian merek yang ada Wuling merupakan salah satu merek yang merintis dan membuka jalan merek China berjualan di Indonesia.

Pengamat otomotif Bebin Djuana mengatakan, pertumbuhan Wuling sangat pesat di Indonesia mengalahkan perkiraan awal. Kondisi ini terjadi karena Wuling berhasil membawa rasa aman kepada konsumen dengan membuka pabrik.

Baca juga: Bos Red Bull Tutup Usia, Paddock MotoGP Turut Berduka

"Yang mulai hadir kan Wuling dan ternyata Wuling bekerja dengan baik, saya sendiri waktu itu diminta bicara ke media saat start produksi. Perkiraan saya dia baru diperhitungkan itu setelah 10 tahun," kata Bebin yang ditenui di Bandung, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Wuling Air evDok. Wuling Wuling Air ev

"Perhitungan saya (Wuling) butuh perjuangan panjang, kenapa? Saya katakan orang kan inget yang namanya mocin (motor China). Wuling ini start bukan dari nol, dari minus. Masa lalu orang kalau dengar mobil China jelek banget lah," kata Bebin mantan eksekutif Suzuki di Indonesia.

Bebin mengatakan, cukup kaget mendengar penjualan Wuling mampu menembus 10 besar di Indonesia. Bahkan, kata dia, hasil ini adalah prestasi karena ada juga merek Jepang yang sudah puluhan tahun hadir di Indonesia namun belum pernah masuk deretan atas penjualan.

"Saya kaget mereka bisa masuk ke 10 besar dalam waktu besar dalam waktu 5-7 tahun. Ada merek Jepang yang sudah puluhan tahun tidak masuk," kata dia.

"Artinya apa? Artinya ketika konsumen Indonesia tidak hanya diberikan janji. Mereka mengatakan dalam dua hari sparepart tidak ada saya kasih gratis," kata Bebin.

Baca juga: Jalan Tol Pekanbaru–Bangkinang Mulai Dibuka, Masih Gratis

Wuling di Jakarta Fair 2022DOK. WULING Wuling di Jakarta Fair 2022

"Saya belum pernah mendengar nada miring soal sparepart (Wuling) kok bisa? Kalau pabriknya ada di sini kenapa tidak bisa. Kata kuncinya ada tidak pabriknya di sini," kata Bebin.

Sedikit perjalanan Wuling di Indonesia dimulai pada 2015, PT SGMW Motor Indonesia sebagai agen pemegang merek (APM) Wuling Motors di Tanah Air membangun pabrik terintegrasi sebesar 60 hektar, di Cikarang, Jawa Barat.

Pabrik itu memiliki kapasitas produksi hingga 120.000 unit kendaraan per tahun dan mampu memberikan hingga 3.000 lapangan kerja.

Tahun 2016 Wuling ikut pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Pada 2017 Wuling meresmikan pabrik dan disaksikan Jusuf Kalla yang kala itu menjabat sebagai Wakil Presiden RI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.