Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol Pekanbaru–Bangkinang Mulai Dibuka, Masih Gratis

Kompas.com - 23/10/2022, 15:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Jalan tol Pekanbaru – Bangkinang akan mulai beroperasi pada Kamis (27/10/2022) mulai pukul 07.00 WIB. Untuk sementara jalan tol ini belum diberlakukan tarif, alias masih gratis.

Baca juga: Hasil Moto2 Malaysia, Arbolino Juara, Mas Bo ke-14

“Mimin himbau kepada pengguna jalan tol yang ingin melintas harus tetap melakukan tapping kartu uang elektronik (satu kartu) di gerbang tol. Adapun ruas yang akan dioperasikan yakni Gate to Gate (Exit Tol Desa Sungai Pinang – Exit Tol Bangkinang) sepanjang 31 Km,” dikutip dari Twitter resmi Badan Pengatur Jalan Tol pada akun @pupr_bpjt.


Sebelumnya telah dilakukan uji coba pengoperasian Tol Pekanbaru-Bangkinang secara fungsional pada musim Mudik Lebaran 2022 lalu.

Kemudian juga telah dilaksanakan rangkaian Uji Laik Fungsi (ULF) pada 6-9 Juni 2022, serta diberikan Sertifikat Laik Operasi (SLO) oleh Kementerian PUPR pada 29 Juli 2022 lalu.

Jalan Tol Pekanbaru-BangkinangDok Pemprov Riau Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Jika berkendara menggunakan Jalan akses biasa dari Pekanbaru hingga Bangkinang biasanya memakan waktu hingga 1 jam 30 menit lamanya.

Dengan kata lain jalan tol Pekanbaru - Bangkinang ini berperan dalam memangkas waktu tempuh perjalanan hanya 30 menit perjalanan dengan rata-rata kecepatan berkendara maksimal 80 km/jam.

Baca juga: Station Wagon BMW E30 Seken Dibanderol Rp 1,1 Miliar

Dirangkum dari bpjt.pu.go.id, sebagai keseriusan mewujudkan pengerjaan jalan bebas hambatan ini, PT Hutama Karya (Persero) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah menyiapkan sebanyak 106 personil dan 22 unit kendaraan siaga yang terdiri dari ambulans, derek, Patroli Jalan Raya (PJR), tim penyelamat dan lainnya serta 4 Gardu Tol Otomatis (GTO), 31 Titik CCTV, dan 2 Titik Variable Message Sign (VMS).

“Hati-hati di jalan, utamakan keselamatan bukan kecepatan. Selamat menikmati perjalanan dengan tol baru ya,” @pupr_bpjt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com