Kompas.com - 23/10/2022, 12:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Di persimpangan jalan biasanya terdapat garis hitam-putih tegak lurus atau biasa disebut zebra cross. Garis ini penting karena berfungsi sebagai sebagai tempat penyeberangan para pejalan kaki.

Zebra cross berada di tengah jalan untuk memberitahu pengendara kendaraan bermotor baik mobil atau sepeda motor bahwa garis-garis itu merupakan ruang pejalan kaki untuk menyeberang.

Baca juga: Station Wagon BMW E30 Seken Dibanderol Rp 1,1 Miliar

Rupanya awalnya zebra cross tidak berwarna putih hitam. Akun Instagram Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut bahwa Inggris adalah negara pertama yang memperkenalkan zebra cross.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kementerian Perhubungan RI (@kemenhub151)

 

Zebra cross pertama kali diperkenalkan pada tahun 1951 di Inggris. Sasat itu zebra cross berwarna biru-kuning, namun warna itu sulit terlihat pengendara di jalan dan justru menjadi penyebab kecelakaan.

Para pakar kemudian mencari warna yang dianggap cocok dan dipilih warna putih-hitam. Pola garis-garis itu sengaja dibuat membentang dan melintasi lebar jalan.

Mengutip Smithsonianmag, zebra cross pertama resmi dipakai sebagai jalur penyebarangan pejalan kaki di Slough, Inggris, 1951.

Nama zebra cross sendiri konon diberi nama oleh pejabat pemerintah Inggris karena desainnya menyerupai kuda zebra.

Baca juga: Keren! Toyota Celica Disulap Layaknya Lightning McQueen di Dunia Nyata

Tangkapan layar unggahan di Instragram Abbey Road Studioscreenshoot Tangkapan layar unggahan di Instragram Abbey Road Studio

Zebra cross dengan cepat menjadi populer dan dipakai di berbagai ruas jalan yang lain. Zebra cross semakin populer setelah foto keempat personel The Beatles saat melintas di zebra cross Abbey Road.

Menurut Historic England, zebra cross merupakan pengembangan dari sistem penyeberangan pejalan kaki yang berasa dari tahun 1930-an. Saat itu penyeberangan pejalan kaki menggunakan semacam lonceng di sisi jalan.

Pemerintah Inggris kemudian bereksperimen dengan berbagai tanda cat yang berbeda untuk membantu meningkatkan keselamatan. Sampai akhirnya tercipta zebra cross.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.