Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2022, 11:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Pehobi otomotif pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar mobil dengan sebutan station wagon. Mobil ini menjadi salah satu kendaraan yang banyak menjadi incaran kolektor item.

Bagi yang masih awam, mobil station wagon merupakan mobil sedan dengan atap yang diperpanjang hingga bagian belakang mobil. Sehingga membentuk sebuah bagasi besar yang mampu menampung berbagai macam barang.

Seringkali produsen otomotif membuat mobil dengan versi wagon sebagai edisi spesial maupun edisi touring, jumlah yang terbatas itulah yang membuat mobil ini menjadi langka dan dibanderol dengan harga yang cukup tinggi.

Baca juga: 3 Sejarah Baru Jika Bagnaia Jadi Juara Dunia MotoGP 2022

Seperti contoh mobil BMW E30 325i lansiran tahun 1988 yang dipasarkan oleh akun instagram bernama @77rshop. Mobil bekas yang cukup langka ini dibanderol dengan harga yang cukup fantastis yakni Rp 1,1 miliar.

Dalam narasi unggahan tersebut tertulis bahwa BMW E30 Station Wagon itu memiliki kondisi yang sangat baik, bodi mulus, mesin orisinal, serta sudah full paper.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by 77 R (@77rshop)

Adapun pada bagian interior terlihat cukup rapi dan bersih, dengan nuansa serba hitam dan jok fabric bermotif polos kombinasi kotak-kotak.

Menyoal dapur pacu, BMW E30 325i ini mengandalkan mesin M20B25 2500 cc inline 6 yang mampu menghasilkan tenaga 168 hp.

“Di luar harga kisaran Rp 100 juta sampai Rp 500 jutaan dengan kondisi gampang dicari. Di sini jarang, terlebih ini unitnya orisinal” ucap pria yang enggan disebut namanya, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (23/10/2022).

Diketahui bahwa BMW E30 325i Station Wagon ini cukup langka dan diklaim hanya tersedia 10 unit di Indonesia. Tak heran jika banderol yang ditawarkan seharga dengan mobil BMW keluaran terbaru.

Meski begitu, ada sejumlah model alternatif yang dihargai murah dan cukup terjangkau, khususnya untuk estate keluaran produsen non-Eropa.

Ilustrasi Timor Station WagonInstragram Ilustrasi Timor Station Wagon

“Vantrend itu kan mobil keren dan unik. Lalu ada Kia Rio tipe LS, Chevrolet Estate, jangan lupa juga Timor sempat ngeluarin Station Wagon,” ucap Helmie Sarosa, pemilik Kedai Built Up showroom mobil lawas di Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga: Start ke-9, Bisakah Bagnaia Kunci Gelar Juara Dunia di GP Malaysia?

Menurut Helmie, ada beberapa hal yang membuat station wagon tipe tertentu dijual dengan harga yang cenderung murah. Salah satunya faktor mobil yang didatangkan secara utuh dari luar negeri.

“Vantrend dan lainnya, harganya tidak begitu naik signifikan, karena dulu banyak dijual di sini. Lain halnya kalau mobil completely built up (CBU), kayak estate-nya BMW, Mercedes-Benz, kemudian Volvo, itu masih tinggi. Karena jarang dan terasa eksklusif,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.