Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Isi Bensin dengan Aliran Cepat Hasilnya Lebih Sedikit

Kompas.com - 22/10/2022, 13:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mengisi bensin, pompa yang ada di mesin dispenser memiliki beberapa tingkatan kecepatan, mulai bensin keluar dengan perlahan hingga deras.

Terkait kecepatan aliran bensin yang keluar, ada anggapan yang berkembang di masyarakat. Sebagian orang menganggap jika bensin yang diisikan ke tangki disemprotkan dengan kuat, maka banyak bensin yang jadi menguap.

Baca juga: Ini Penyebab Injektor pada Mobil Mesin Bensin Bermasalah

Sehingga, sebagian orang tersebut merasa hasil yang didapatkan lebih sedikit dari jumlah yang dibayarkan. Akhirnya, banyak yang meminta kepada petugas SPBU agar mengisi bensin dengan kecepatan yang rendah.

Bensin menjadi salah satu kebutuhan rutin yang tak terelakkan demi kenyamanan perjalananPexels Bensin menjadi salah satu kebutuhan rutin yang tak terelakkan demi kenyamanan perjalanan

Ahli Konversi Energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung Tri Yuswidjajanto Zaenuri, mengatakan, anggapan tersebut adalah mitos.

"Karena tidak masalah mau mengalirnya kencang atau pelan, keluarnya akan tetap dengan jumlah yang sama. Tidak ada penguapan yang terjadi hingga bensin berkurang secara signifikan," ujar Tri, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (21/10/2022).

Baca juga: Mengenal Karakter Injektor pada Mesin Bensin yang Sehat

Tri menambahkan, memang ada toleransi pengurangan. Tapi, pengurangannya juga tidak banyak, paling hanya 0,5 persen.

Isi bensin self serviceKOMPAS.com/Ruly Isi bensin self service

Dikutip dari Paultan.org, Sabtu (22/10/2022), Managing Director Shell Malaysia Trading Shairan Huzani juga melakukan eksperimen kecil-kecilan untuk mematahkan teori tersebut.

Pada akun Instagram-nya dengan nama @pakcikshell, Shairan mengisi jeriken sebanyak 10 liter dengan laju bensin yang cepat. Sedangkan rekannya, mengisi jeriken sebanyak 10 liter dengan kecepatan rendah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Shairan Huzani (@pakcikshell)

Ternyata, terbukti bahwa apapun kecepatan laju bensin yang digunakan, cairan yang keluar tetaplah sama jumlahnya. Tidak masalah juga dengan mengisi bensin menggunakan arus yang pelan, hanya saja itu membuang-buang waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com