Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Langsung Diganti, Mika Lampu yang Retak Rambut Bisa Diperbaiki

Kompas.com - 14/08/2022, 11:31 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Seiring berjalannya usia, kondisi mobil biasanya akan mengalami penurunan kualitas bahan material, termasuk bodi dan lampu-lampu.

Pada lampu kombinasi, biasanya bagian mika terdapat retakan halus seperti rambut. Hal ini terjadi bukan karena kendaraan mengalami benturan, melainkan perubahan cuaca yang ekstrem.

Untuk mobil-mobil yang sering parkir di tanpa atau atau terkena sinar matahari langsung, biasanya mika lampu lebih mudah mengalami retak rambut. Jika tidak segera diperbaiki, maka retakan tersebut dapat membuat mika lampu pecah.

Baca juga: Kenali Penyebab Headlamp Mobil Berembun

Ilustrasi headlamp Honda Airblade 1602banh.vn Ilustrasi headlamp Honda Airblade 160

Pemilik Bengkel Poles Headlamp Supriyadi, mengatakan untuk lampu kombinasi yang retak rambut masih bisa diperbaiki, berhubung beberapa lampu kombinasi harganya mahal.

“Jika retakannya halus, mikanya masih lengkap masih bisa diperbaiki, tidak perlu diganti, karena harga mika lampu biasanya lumayan mahal untuk mobil-mobil tertentu,” ucap Supriyadi kepada Kompas.com, Sabtu (13/8/2022).

Dia mengatakan semua jenis mika lampu bisa diperbaiki, dan bisa bertahan lumayan lama. Hal itu membuat kebanyakan orang memilih untuk memperbaikinya daripada mengganti baru.

Baca juga: Bikin Kinclong Mika Headlamp Mobil

Lampu belakang Raize GR SportTOYOTA.ASTRA.CO.ID Lampu belakang Raize GR Sport

“Untuk memperbaiki retak rambut biayanya lebih mahal, bisa sampai Rp 400.000-an, makanya kalau untuk mobil yang headlamp-nya murah seperti Avanza sebaiknya diganti saja, itu jauh lebih efektif,” ucap Supriyadi.

Dia mengatakan harga tersebut sudah termasuk biaya bongkar pasang serta pemberian garansi.

“Garansinya antara 3 sampai 6 bulan, tergantung kondisi lampu sebelum diperbaiki, biasanya disampaikan di awal,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com