Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih Podium Kedua di GP Australia, Marquez Akui Tiru Gaya Balap Stoner

Kompas.com - 20/10/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda Marc Marquez sukses menempati podium kedua saat balapan di MotoGP Australia, tepatnya di sirkuit Phillip Island, akhir pekan lalu.

Ini sekaligus menjadi raihan podium ke-100 buat buat Marquez. Hasil itu diraih dari 152 kali balapan, dengan 59 kemenangan, 100 kali naik podium, dengan total perolehan poin sebanyak 2.521 poin sejak debut di MotoGP pada musim 2013.

Pebalap yang mendapat julukan The Baby Alien itu mengungkapkan rahasia dirinya tampil memukau di MotoGP Australia. Marquez mengaku menerapkan gaya balap yang dipakai oleh Casey Stoner.

Baca juga: Adik Rossi Usul Motor MotoGP Dilengkapi Tombol Merah Khusus

Sebagai informasi, Casey Stoner menjadi salah satu pebalap yang menguasai lintasan Phillip Island dengan baik. Pebalap asal Australia terkenal dengan gaya driftingnya yang luar biasa, terutama ketika melibas tikungan ketiga.

“Ketika saya memulai MotoGP, saya memiliki data Casey dan saya mengikuti gayanya dan itu adalah salah satu poin kuat saya, tikungan seperti ini juga,” ucap Marquez dikutip dari Crash, Rabu (19/10/2022).

Casey Stoner saat menjalani tes bersama Ducati di Red Bull Ring, Austria.Motorsport.com Casey Stoner saat menjalani tes bersama Ducati di Red Bull Ring, Austria.

Meski begitu, menurut Marquez, gaya balap Stoner tak sepenuhnya bisa ditiru. Hal ini lantaran Marquez menunggangi RC213V, motor yang berbeda dengan Stoner.

“Tetapi sekarang dengan motor ini, Anda perlu mengendarai dengan cara yang berbeda. Maksud saya dengan aerodinamis ini, bahkan ketika saya meletakkan ekor di belakang. Itu bahkan berbeda,” kata Marquez.

Baca juga: Rolls Royce Listrik Pertama Punya Nama Spectre, Meluncur Tahun Depan

Honda diketahui memang baru menyematkan teknologi aerodinamika terbaru untuk membuat pengereman menjadi lebih baik dan stabil. Perangkat tambahan ini tentu membuat Marquez harus menyesuaikan antara motor dengan gaya balapnya.

"Jadi gaya yang berbeda untuk motornya, tapi Casey sangat cepat di tikungan itu,” lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.