Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih Podium Kedua di GP Australia, Marquez Akui Tiru Gaya Balap Stoner

Kompas.com - 20/10/2022, 07:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda Marc Marquez sukses menempati podium kedua saat balapan di MotoGP Australia, tepatnya di sirkuit Phillip Island, akhir pekan lalu.

Ini sekaligus menjadi raihan podium ke-100 buat buat Marquez. Hasil itu diraih dari 152 kali balapan, dengan 59 kemenangan, 100 kali naik podium, dengan total perolehan poin sebanyak 2.521 poin sejak debut di MotoGP pada musim 2013.

Pebalap yang mendapat julukan The Baby Alien itu mengungkapkan rahasia dirinya tampil memukau di MotoGP Australia. Marquez mengaku menerapkan gaya balap yang dipakai oleh Casey Stoner.

Baca juga: Adik Rossi Usul Motor MotoGP Dilengkapi Tombol Merah Khusus

Sebagai informasi, Casey Stoner menjadi salah satu pebalap yang menguasai lintasan Phillip Island dengan baik. Pebalap asal Australia terkenal dengan gaya driftingnya yang luar biasa, terutama ketika melibas tikungan ketiga.

“Ketika saya memulai MotoGP, saya memiliki data Casey dan saya mengikuti gayanya dan itu adalah salah satu poin kuat saya, tikungan seperti ini juga,” ucap Marquez dikutip dari Crash, Rabu (19/10/2022).

Casey Stoner saat menjalani tes bersama Ducati di Red Bull Ring, Austria.Motorsport.com Casey Stoner saat menjalani tes bersama Ducati di Red Bull Ring, Austria.

Meski begitu, menurut Marquez, gaya balap Stoner tak sepenuhnya bisa ditiru. Hal ini lantaran Marquez menunggangi RC213V, motor yang berbeda dengan Stoner.

“Tetapi sekarang dengan motor ini, Anda perlu mengendarai dengan cara yang berbeda. Maksud saya dengan aerodinamis ini, bahkan ketika saya meletakkan ekor di belakang. Itu bahkan berbeda,” kata Marquez.

Baca juga: Rolls Royce Listrik Pertama Punya Nama Spectre, Meluncur Tahun Depan

Honda diketahui memang baru menyematkan teknologi aerodinamika terbaru untuk membuat pengereman menjadi lebih baik dan stabil. Perangkat tambahan ini tentu membuat Marquez harus menyesuaikan antara motor dengan gaya balapnya.

"Jadi gaya yang berbeda untuk motornya, tapi Casey sangat cepat di tikungan itu,” lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com