Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota bZ4X Segera Dijual Resmi di Indonesia

Kompas.com - 20/10/2022, 07:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan kendaraan listrik murni atau battery electric vehicle (BEV) terbarunya, yakni bZ4X, akan dikenalkan ke pasar dalam negeri pada beberapa waktu mendatang, untuk kemudian dijual massal.

Pernyataan tersebut datang seiring dihadirkannya 41 unit bZ4X sebagai salah satu kendaraan resmi acara kenegaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang dihelat di Bali pada 15-16 November 2022 mendatang.

"Tentu saja (kemungkinan diluncurkan resmi), bZ4X ini salah satu model BEV yang rencananya kita introduce di Indonesia. Tetapi detil tentang kapan dan lainnya, nanti terpisah kita akan sampaikan," kata Vice President TAM, Henry Tanoto di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Baca juga: 1.452 Unit Kendaraan Listrik Disiapkan buat KTT G20

Toyota bZ4X dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Dibawa langsung oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) dari Jepang, mobil ini untuk kali pertama hadir di pasar Asia Tenggara.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Toyota bZ4X dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Dibawa langsung oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) dari Jepang, mobil ini untuk kali pertama hadir di pasar Asia Tenggara.

Hal serupa juga diungkapkan Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy pada kesempatan terpisah. Hanya saja, kemungkinan peluncuran model terkait masih membutuhkan waktu cukup panjang.

Sebab untuk pengadaan kendaraan listrik, membutuhkan waktu. Apalagi jika mobil diimpor langsung secara utuh (completely built up/CBU) dari negara asal yaitu Jepang.

"Pertama dari pasokan baterainya, lalu semikonduktor karena semakin canggih mobil, ada LIDAR dan sensor, kebutuhannya juga semakin banyak. Dari baterai itu sendiri juga banyak kandungan mineral yang sekarang kondisinya cukup terbatas," kata Anton.

"Saya tidak bilang ini suatu yang negatif, tapi jadi perhatian juga," tambah dia.

Adapun nasib puluhan bZ4X setelah pergelaran KTT G20 selesai, perseroan kini belum memutuskannya. Namun dipastikan tidak akan dikirim kembali ke Jepang.

Baca juga: Alasan Toyota Hanya Bawa 41 unit bZ4X untuk KTT G20

Mesin Toyota bZ4XKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Mesin Toyota bZ4X

"Belum kita putuskan, tapi kita sedang bicarakan konsepnya mau gimana nanti.?Whataver nanti kita pikirin, opsinya banyak. Kita fokus untuk G20 dulu," ujar Anton lagi.

TAM dalam KTT G20 sendiri mengambil peran membantu Pemerintah Indonesia sebagai kolaborator menghadirkan kendaraan ramah lingkungan untk membantu mobilitas para perserta.

Ada dua model mobil yang dibawa dan jadi kendaraan resmi para deligasi, yaitu Toyota bZ4X dan Lexus UX 300e. Total, jumlahnya mencapai 143 unit, yang mana 41 unit di antaranya merupakan bZ4X.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com