Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedah Interior Stargazer dan Veloz, Siapa yang Lebih Mewah?

Kompas.com - 18/10/2022, 19:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sektor kenyamanan kerap kali menjadi salah satu aspek penentu pembelian suatu kendaraan bermotor, khususnya mobil keluarga di Indonesia. Apalagi, jika mobil itu hendak digunakan sebagai transportasi harian.

Oleh karenanya, tak heran berbagai produsen otomotif sering sekali untuk memberi perhatian terhadap bagian interior. Ada yang dibuat lebih sporty, mewah, sampai modern dengan nuansa terang dan banyak krom.

Dengan dasar tersebut, redaksi Kompas.com mecoba melakukan perbandingan langsung antra penantang terbaru di segmen LMPV, Hyundai Stargazer dengan produk terlaris pada kelas terkait yaitu Toyota Veloz.

Baca juga: Adu Kenyamanan Berkendara Hyundai Stargazer Vs Toyota Veloz

Ilustrasi kabin belakang Toyota VelozDok. TAM Ilustrasi kabin belakang Toyota Veloz

Secara umum, interior kedua mobil ini mengusung konsep desain yang berbeda. Setiap mobil meletakkan head unit secara floating tapi bentuk atau desainnya ada ciri khas-nya sendiri.

Perbedaan paling mencolok terletak pada kursi baris kedua, di mana Veloz memiliki konfigurasi konvensional dengan armrest di bagian tengahnya. Sementara Stargazer lebih spesial, menggunakan tempat duduk captain seat.

Seiring dengan hal tersebut, kursi belakang Stargazer bisa diberikan meja serba guna karena cukup lapang. Namun kapasitas penumpangnya tidak bisa menjadi 7 orang, maksimum hanya 6-penumpang saja tak seperti Veloz.

Meski demikian, guna menambah rasa nyaman Toyota membuat kursi pada Veloz bisa diubah seperti sofa (long sofa mode). Apalagi, bahan jok dibuat dengan kombinasi fabric dan kulit, sedangkan Stargazer hanya kulit saja.

Baca juga: Bandingkan Fitur Stargazer dan Veloz, Mana yang Lebih Canggih?

Baris ketiga Hyundai StargazerKOMPAS.com/STANLY RAVEL Baris ketiga Hyundai Stargazer

Kemudian untuk perbedaan lainnya ada pada speedometer, di mana LMPV terbaru Hyundai sudah menggunakan layar TFT berukuran 4.2 inci. Sebaliknya speedometer Veloz lebih sederhana dengan adanya MID di bagian tengah.

Soal gerak maju mundur kursi Veloz lebih fleksibel karena pada baris kedua bisa digerakkan sampai 240 mm, ditambah lebar mobil yang ditambah 70 mm dibanding generasi terdahulu.

Sementara nuansa interior, secara keseluruhan, Stargazer memiliki pendekatan kepada keluarga modern. Sementara Veloz, ada sentuhan sporty-nya dengan penyematan beragam aksen gelap seperti piano black di konsol tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com