Kompas.com - 18/10/2022, 19:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sektor kenyamanan kerap kali menjadi salah satu aspek penentu pembelian suatu kendaraan bermotor, khususnya mobil keluarga di Indonesia. Apalagi, jika mobil itu hendak digunakan sebagai transportasi harian.

Oleh karenanya, tak heran berbagai produsen otomotif sering sekali untuk memberi perhatian terhadap bagian interior. Ada yang dibuat lebih sporty, mewah, sampai modern dengan nuansa terang dan banyak krom.

Dengan dasar tersebut, redaksi Kompas.com mecoba melakukan perbandingan langsung antra penantang terbaru di segmen LMPV, Hyundai Stargazer dengan produk terlaris pada kelas terkait yaitu Toyota Veloz.

Baca juga: Adu Kenyamanan Berkendara Hyundai Stargazer Vs Toyota Veloz

Ilustrasi kabin belakang Toyota VelozDok. TAM Ilustrasi kabin belakang Toyota Veloz

Secara umum, interior kedua mobil ini mengusung konsep desain yang berbeda. Setiap mobil meletakkan head unit secara floating tapi bentuk atau desainnya ada ciri khas-nya sendiri.

Perbedaan paling mencolok terletak pada kursi baris kedua, di mana Veloz memiliki konfigurasi konvensional dengan armrest di bagian tengahnya. Sementara Stargazer lebih spesial, menggunakan tempat duduk captain seat.

Seiring dengan hal tersebut, kursi belakang Stargazer bisa diberikan meja serba guna karena cukup lapang. Namun kapasitas penumpangnya tidak bisa menjadi 7 orang, maksimum hanya 6-penumpang saja tak seperti Veloz.

Meski demikian, guna menambah rasa nyaman Toyota membuat kursi pada Veloz bisa diubah seperti sofa (long sofa mode). Apalagi, bahan jok dibuat dengan kombinasi fabric dan kulit, sedangkan Stargazer hanya kulit saja.

Baca juga: Bandingkan Fitur Stargazer dan Veloz, Mana yang Lebih Canggih?

Baris ketiga Hyundai StargazerKOMPAS.com/STANLY RAVEL Baris ketiga Hyundai Stargazer

Kemudian untuk perbedaan lainnya ada pada speedometer, di mana LMPV terbaru Hyundai sudah menggunakan layar TFT berukuran 4.2 inci. Sebaliknya speedometer Veloz lebih sederhana dengan adanya MID di bagian tengah.

Soal gerak maju mundur kursi Veloz lebih fleksibel karena pada baris kedua bisa digerakkan sampai 240 mm, ditambah lebar mobil yang ditambah 70 mm dibanding generasi terdahulu.

Sementara nuansa interior, secara keseluruhan, Stargazer memiliki pendekatan kepada keluarga modern. Sementara Veloz, ada sentuhan sporty-nya dengan penyematan beragam aksen gelap seperti piano black di konsol tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.