Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Tepat untuk Menyalip Bus AKAP di Jalan Tol?

Kompas.com - 17/10/2022, 18:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, kebanyakan bus AKAP sudah menggunakan jalan tol untuk mempersingkat waktu tempuhnya. Tapi, tidak jarang juga bus mengebut di jalanan agar lebih cepat lagi sampai ke tujuan.

Salah satu waktu yang paling rawan bus mengebut adalah malam hari, di mana jalanan relatif sepi. Tidak jarang bus memanfaatkan semua lajur yang kosong agar bisa melaju lebih cepat.

Tetapi, pengemudi bus memang punya karakter yang berbeda-beda, ada yang santai, tapi tidak jarang banyak yang mengebut. Mengingat dimensi bus yang besar serta kondisi jalan gelap, bagaimana tips aman menyalip bus?

Baca juga: Karoseri Laksana Mau Ekspor Bodi Bus Lagi, Pakai Setir Kiri

Bus malamyoutube Bus malam

Yulius Jatmiko, Sekjen BisMania Community menjelaskan, ketika bus berjalan lambat di kanan, bisa disalip dari lajur kiri, begitu juga sebaliknya.

"Ketika dia jalan di lajurnya dan tidak menunjukkan kecepatan yang begitu cepat, ketika merasa aman untuk disalip, silahkan," ucap Yulius kepada Kompas.com, Senin (17/10/2022).

Yulius mengatakan, jangan menyalip saat bus masih menyalakan sein kanan. Perlu diketahui, ketika bus menyalakan sein kanan saat berada di lajur kanan, artinya ada kendaraan yang lebih lambat di sisi kiri.

Baca juga: Mengenal Ragam Pelat Nomor Khusus RF alias Pelat Dewa


"Ini kalau di tol berarti di lajur kiri ada kendaraan yang lebih lambat. Kalau di jalan biasa, artinya dia ingin berjalan lebih cepat," ucap Yulius.

Jadi sebagai pengemudi juga harus paham kode yang diberikan pengemudi bus. Jangan coba-coba menyalip dari sisi kiri ketika bus sedang berada di lajur kanan dan lampu sein kanan menyala karena berisiko tabrakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.