Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penyebab Tarikan Mesin Honda Freed Ngempos

Kompas.com - 17/10/2022, 12:41 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Meski sudah tidak diproduksi lagi di Indonesia, Honda Freed masih menjadi mobil andalan keluarga Indonesia.

Pasalnya, mobil ini terkenal nyaman dan memiliki fitur yang cukup canggih seperti pintu sliding untuk penumpang.

Namun, berhubung Honda Freed termasuk mobil yang tidak muda lagi, biasanya terdapat kerusakan pada komponen mobil tertentu. Salah satunya, tarikan mesin ngempos saat akselerasi.

Baca juga: Harga Honda Freed Bekas, Mulai Rp 120 Jutaan

Honda Freed lansiran tahun 2015Istimewa Honda Freed lansiran tahun 2015

Pemilik Setiawan Auto Service Gaga Putra Setiawan, mengatakan masalah pada Honda Freed terbilang umum, dan itu merupakan kerusakan yang wajar akibat usia kendaraan.

“Mobil tua sudah biasa mengalami penurunan kualitas, tapi selama ini masih mudah teratasi, seperti tarikan mesin Honda Freed yang ngempos saat akselerasi, itu bisa disebabkan oleh hal sepele,” ucap Gaga kepada Kompas.com, Senin (17/10/2022).

Dia mengatakan beberapa pelanggan mengeluhkan tarika mesin Honda Freed ngempos atau akselerasinya tidak lancar.

Baca juga: Honda Freed Bekas, Berapa Kisaran Harganya Sekarang?

Modifkasi Honda Freeddoc Ilham Utama Modifkasi Honda Freed

“Begitu pedal gas diinjak, seharusnya putaran mesin akan naik secara spontan, tapi ini putaran mesin justru sempat drop sebelum naik, hal ini membuat tarikan mesin ngempos,” ucap Gaga.

Dia mengatakan hal itu biasanya disebabkan oleh suplai bahan bakar yang terganggu. Bisa karena pompa bensin lemah dan faktor lain.

“Bisa juga tangki bahan bakar kemasukan air, sehingga ada air yang mengganggu suplai bahan bakar yang disemprotkan ke ruang bakar,” ucap Gaga.

Baca juga: Modifikasi VIP Style Honda Freed, Rogoh Ratusan Juta Rupiah

Modifikasi Honda Freeddoc Ilham Utama Modifikasi Honda Freed

Dia menjelaskan air bisa masuk melalui celah tutup tangki bahan bakar dan mulut tangki. Terlebih lagi pada musim hujan seperti saat ini.

“Di tutup bensin itu terdapat seal, berupa karet melingkar yang memperapat tutup bensin dengan mulut tangki bensin, nah karet seal tersebut bisa memipih dan mengeras seiring usia mobil,” ucap Gaga.

Dia mengatakan ketika karet seal tersebut sudah mengeras, atau kehilangan sifat elastisitasnya maka air hujan bisa berpeluang masuk ke dalam tangki bahan bakar lewat celah tersebut.

Baca juga: HPM Bicara Kemungkinan Menjual Honda Freed Lagi

Modifikasi Honda FreedMommy Lesmana Modifikasi Honda Freed

“Air itu akan terkumpul di tangki bahan bakar, dan cenderung mudah terbawa bahan bakar ketika pompa bensin bekerja, karena sifat air akan selalu berada di dasar tangki, sedangkan pompa bensin akan menyedot bensin dari dasar tangki pula,” ucap Gaga.

Maka dari itu, tidak membutuhkan waktu lama begitu air masuk ke tangki bensin maka bisa membuat performa mesin Honda Freed berkurang. Seperti yang sudah disebutkan, tarikan mesin ngempos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com