Komparasi Kabin Kia Carens dan Hyundai Stargazer

Kompas.com - 17/10/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar mobil multiguna atau MPV di Indonesia kini diramaikan dua merek Korea Selatan. Pertama ada Kia yang memboyong Carens dan Hyundai dengan Stargazer yang bermain di kelas MPV murah.

Secara tampilan luar, Carens menawarkan desain yang konvensional namun tetap modern. Sedangkan Stargazer, bagian eksteriornya punya desain yang unik, membulat namun punya tarikan garis yang tegas.

Pada bahasan kali ini, redaksi Kompas.com akan membandingkan interior dari Carens dan Stargazer. Apalagi keduanya kini menawarkan bangku kapten atau captain seat di baris kedua.

Baca juga: Perbandingan Desain Kia Carens dengan Hyundai Stargazer, Suka yang Mana?

Interior Kia CarensKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Interior Kia Carens

Sebelum bahas captain seat yang ada di baris kedua, mari dilihat dulu tampilan dari dasbor kedua mobil. Carens menawarkan desain dasbor yang desainnya menyambung dari door trim kanan sampai ke kiri.

Apalagi di bagian dasbornya menggunakan tampilan piano black yang menambah kesan mewah. Uniknya, bagian head unit menyatu dengan dasbor, bukan model floating seperti kebanyakan mobil zaman sekarang.

Beralih ke Stargazer, desainnya lebih unik, bagian instrumen cluster dan head unit dibuat menyambung dan floating. Selain itu di bagian dasbor seperti dibuat laci terbuka yang panjang, bisa jadi tempat penyimpanan.

Baca juga: Mirip Revo Koperasi, Bebek Baru Honda Pakai Roda Ukuran Belang

Baris kedua Stargazer captain seatKOMPAS.com/Adityo Wisnu Baris kedua Stargazer captain seat

Kedua mobil ini sudah menggunakan instrumen cluster full digital, tapi milik Carens nampak lebih detail tampilannya. Selain itu, head unit yang digunakan juga nampak sama user interface-nya, tapi Stargazer punya fitur arah kiblat.

Secara material, Carens dan Stargazer sudah menggunakan bahan kulit di bangku sampai ke setir. Bedanya di Carens, ada bahan kulit di door trim yang lebih banyak sehinga lebih nyaman.

Beralih ke baris kedua, Carens dan Stargazer memiliki pilihan bangku captain. Tetapi ketika dicoba, milik Carens terasa dipasang lebih tinggi, sehingga pandangan ke arah depan lebih terasa lega.

Interior Kia CarensKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Interior Kia Carens

Selain itu, perbedaan dari Carens dan Stargazer terlihat pada double blower. Carens punya model kisi yang menyatu dengan plafon, bahkan sampai baris ketiga dengan kendali kecepatan AC di belakang center console.

Sedangkan Stargazer, model double blower-nya standar, layaknya MPV murah lainnya. Jadi dari sisi desain, punya Carens lebih keren, apalagi kisi-kisi AC-nya bisa diatur arahnya 360 derajat dan penyebarannya.

Masuk baris ketiga, Carens punya satu tombol yang bisa melipat bangku baris kedua dengan elektris. Lalu, Carens dan Stargazer punya bangku baris ketiga yang bisa diatur rebahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.