Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Komparasi Kabin Kia Carens dan Hyundai Stargazer

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar mobil multiguna atau MPV di Indonesia kini diramaikan dua merek Korea Selatan. Pertama ada Kia yang memboyong Carens dan Hyundai dengan Stargazer yang bermain di kelas MPV murah.

Secara tampilan luar, Carens menawarkan desain yang konvensional namun tetap modern. Sedangkan Stargazer, bagian eksteriornya punya desain yang unik, membulat namun punya tarikan garis yang tegas.

Pada bahasan kali ini, redaksi Kompas.com akan membandingkan interior dari Carens dan Stargazer. Apalagi keduanya kini menawarkan bangku kapten atau captain seat di baris kedua.

Sebelum bahas captain seat yang ada di baris kedua, mari dilihat dulu tampilan dari dasbor kedua mobil. Carens menawarkan desain dasbor yang desainnya menyambung dari door trim kanan sampai ke kiri.

Apalagi di bagian dasbornya menggunakan tampilan piano black yang menambah kesan mewah. Uniknya, bagian head unit menyatu dengan dasbor, bukan model floating seperti kebanyakan mobil zaman sekarang.

Beralih ke Stargazer, desainnya lebih unik, bagian instrumen cluster dan head unit dibuat menyambung dan floating. Selain itu di bagian dasbor seperti dibuat laci terbuka yang panjang, bisa jadi tempat penyimpanan.

Kedua mobil ini sudah menggunakan instrumen cluster full digital, tapi milik Carens nampak lebih detail tampilannya. Selain itu, head unit yang digunakan juga nampak sama user interface-nya, tapi Stargazer punya fitur arah kiblat.

Secara material, Carens dan Stargazer sudah menggunakan bahan kulit di bangku sampai ke setir. Bedanya di Carens, ada bahan kulit di door trim yang lebih banyak sehinga lebih nyaman.

Beralih ke baris kedua, Carens dan Stargazer memiliki pilihan bangku captain. Tetapi ketika dicoba, milik Carens terasa dipasang lebih tinggi, sehingga pandangan ke arah depan lebih terasa lega.

Selain itu, perbedaan dari Carens dan Stargazer terlihat pada double blower. Carens punya model kisi yang menyatu dengan plafon, bahkan sampai baris ketiga dengan kendali kecepatan AC di belakang center console.

Sedangkan Stargazer, model double blower-nya standar, layaknya MPV murah lainnya. Jadi dari sisi desain, punya Carens lebih keren, apalagi kisi-kisi AC-nya bisa diatur arahnya 360 derajat dan penyebarannya.

Masuk baris ketiga, Carens punya satu tombol yang bisa melipat bangku baris kedua dengan elektris. Lalu, Carens dan Stargazer punya bangku baris ketiga yang bisa diatur rebahnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/17/092200915/komparasi-kabin-kia-carens-dan-hyundai-stargazer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke