Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Jateng Pakai Drone Pantau Pelanggaran Lalu Lintas

Kompas.com - 14/10/2022, 07:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com – Operasi Zebra Candi 2022 digelar di Jawa Tengah (Jateng), selama 14 hari dimulai dari Senin (3/10) hingga Minggu (16/10) mendatang.

Sepanjang operasi tersebut, Polda Jateng menggunakan drone untuk memantau pelanggaran lalu lintas dalam Operasi Zebra Candi 2022.

Kamera pada drone terintegrasi dengan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik di Jawa Tengah.

Baca juga: Honda PCX 150 Mudah Dibobol Maling, Ini Kata AHM

Kapolres Lamongan AKBP Miko Indrayana (kiri) bersama Kasatlantas Polres Lamongan AKP Aristianto Budi Sutrisno (kanan), melihat drone yang digunakan memantau arus lalu lintas.Dok. Polres Lamongan Kapolres Lamongan AKBP Miko Indrayana (kiri) bersama Kasatlantas Polres Lamongan AKP Aristianto Budi Sutrisno (kanan), melihat drone yang digunakan memantau arus lalu lintas.

Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Agus Suryonugroho mengatakan, saat ini penggunaan drone masih dalam tahap riset untuk diterapkan secara nasional.

“Direktorat Polda Jawa Tengah, dengan Kasatlantas Polrestabes, dengan staf, melakukan kegiatan Operasi Zebra. Sudah melakukan uji coba ETLE Mobile yang terkoneksi dengan drone,” ujar Agus, disitat dari Youtube NTMC Polri (13/10/2022).

“Jadi kami sudah kerja sama dengan Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI), jadi peng-capture-an pelanggaran menggunakan drone,” ucap Agus.

Baca juga: Modifikasi Suzuki XL7 Cocok buat Harian, Simpel tapi Ganteng

Teknologi drone nantinya akan digunakan untuk memantau arus lalu lintas di Jawa Tengah. Sementara itu, APDI akan melatih petugas kepolisian agar bisa mengoperasikan kamera ETLE drone.

“Semoga dengan menggunakan teknologi ini, kami mengharapkan masyarakat Jawa Tengah tanpa harus ditindak, tanpa harus ada polisi, tertib dan patuh berlalu lintas,” kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com