Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal Kia Carens 1.5 L, Mesin Responsif dan Banjir Fitur

Kompas.com - 12/10/2022, 17:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia Carens yang resmi diperkenalkan sejak GIIAS 2022 menawarkan dua pilihan mesin. Pertama ada 1.400 cc turbo yang dibanderol Rp 449 juta dan satu lagi dibekali dengan mesin 1.500 cc non-turbo dengan harga yang lebih murah, yakni Rp 389 juta.

Pada Rabu (12/10/2022) redaksi Kompas.com diundang untuk mencoba Carens dengan mesin 1.500 cc di kawasan BSD, Tangerang. Rute yang dilewati dimulai di Quantis BSD City, ICE, BSD Raya, BSD Boulevard, dan kembali ke Quantis.

Secara tampilan eksterior, tidak ada bedanya antara Carens dengan mesin turbo dan 1.500 cc. Jadi perbedaannya cuma bisa dilihat di balik kap mesin dan sedikit fitur yang ada di kabinnya.

Baca juga: Honda Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Amerika Serikat

Soal mesin, Carens dengan mesin 1.500 cc menghasilkan 115 PS atau sekitar 113 TK di 6.300 rpm dan torsi 144 Nm di 4.500 rpm. Tenaga dan torsi tadi disalurkan ke roda depan dengan transmisi IVT dengan delapan percepatan virtual.

Sebelumnya, redaksi sudah pernah mencoba Carens dengan mesin 1.400 cc turbo dan perbedaan performanya cukup terasa. Ketika pertama kali jalan, memang karakter dari IVT atau umumnya CVT adalah suara mesin yang meraung karena rpm cukup tinggi.

Kia CarensKompas.com/fathan Kia Carens

Namun jangan khawatir, saat kecepatan sudah mulai tinggi, rpm perlahan turun. Pada momen tersebut, bisa dibilang Carens dengan mesin 1.500 rpm lebih halus rasanya untuk dikemudikan pada jalanan dengan kecepatan menengah.

Namun, saat mau meningkatkan kecepatan, memang tidak bisa asal bejek gas, karena responnya cukup lambat dan rpm langsung melonjak.

Memang sudah karakter, mesin dengan transmisi IVT lebih cocok dikemudikan dengan halus, sehingga peningkatan kecepatannya bertahap.

Carens 1.500 cc ini juga tetap dilengkapi dengan tiga mode berkendara, yakni Eco, Normal, dan Sport. Ketika dicoba di mode Sport, pada kondisi jalan yang lengang, memang responnya tidak sebaik model turbo yang dilengkapi dengan transmisi dual clutch 7 percepatan.

Baca juga: Interval Ganti Oli Mesin Toyota Vios

Bisa dikatakan, Carens dengan mesin 1.500 cc sudah mumpuni untuk digunakan pada rute harian. Respon mesinnya cukup baik, terutama saat tidak dibawa secara agresif.

Keuntungan lain dari Carens 1.500 cc adalah harganya yang lebih murah dari varian mesin dengan turbo. Selain itu, fitur yang disematkan juga lebih kurang sama dan di varian 1.500 cc dilengkapi dengan idling start stop (ISS), sedangkan di model turbo tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com