Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Crutchlow Beri Wejangan untuk Toprak Agar Pindah ke MotoGP

Kompas.com - 08/10/2022, 15:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toprak Razgatlioglu diyakini bisa kompetitif di MotoGP. Sayangnya, dia hanya mau pindah jika masuk tim pabrikan.

Menurut Cal Crutchlow, pemikiran tersebut kurang tepat. Sebab, sekarang ini tim satelit juga banyak yang didukung dengan motor yang sama.

Beberapa waktu lalu, Toprak sempat mencoba YZR-M1. Menurut Crutchlow, juara dunia World Superbike (WorldSBK) 2021 tersebut juga masih belum tepat tekniknya dalam mengendarai motor MotoGP.

Baca juga: Komentar Quartararo Usai Lihat Toprak Razgatlioglu Tes Motor MotoGP

"Dia butuh waktu. Kami sempat berbicara tentang banyak hal dan dia bisa meningkat setiap kali dia masuk ke trek," ujar Crutchlow, dikutip dari Speedweek.com, Sabtu (8/10/2022).

Toprak Razgatlioglu jajal Yamaha M1Dok. @calcrutchlow Toprak Razgatlioglu jajal Yamaha M1

Crutchlow mengatakan, teknik mengendarai motor MotoGP dengan WorldSBK sangat berbeda. Sedangkan, Toprak mengendarai YZR-M1 seperti mengendarai YZF-R1. Apalagi, Toprak juga baru merasakan motor Yamaha.

"Dengan bertambahnya waktu, dia bisa bertahan. Dia adalah pebalap yang cerdas, dia memahami banyak hal. Hanya butuh waktu," kata Crutchlow.

Baca juga: Toprak Jajal Motor Balap Yamaha YZR-M1, Ini Bedanya dengan Superbike

Test rider Yamaha tersebut mengatakan, Toprak hanya mencoba motor MotoGP tidak sampai 50 lap. Menurutnya, jika itu dalam kondisi tes musim dingin, hasilnya tentu akan berbeda.

Penjelasan teknik stoppie yang dilakukan Toprak RazgatliogluDok. Brembo Penjelasan teknik stoppie yang dilakukan Toprak Razgatlioglu

"Saya bukan manajernya. Tapi, menurut saya dia bisa kompetitif di MotoGP. Pertanyaannya apakah dia menginginkanya, apakah dia pikir dia bisa, dan apakah kesempatan itu akan datang," ujarnya.

Crutchlow mengatakan, tim satelit di MotoGP sekarang ini berbeda. Motor yang digunakan sama seperti tim pabrikan. Itulah mengapa banyak pebalap tim satelit yang kompetitif.

Penjelasan teknik stoppie yang dilakukan Toprak RazgatliogluDok. Brembo Penjelasan teknik stoppie yang dilakukan Toprak Razgatlioglu

"Menurut saya, buatlah lompatan! Saya melakukan lompatan itu. Saya bukannya membandingkan diri saya dengan Toprak. Tapi, Ben Spies juga masuk ke MotoGP dengan Tech3 dan Colin Edwards juga di Tech3 sebelum naik. Setiap pabrikan juga mengontrak pebalapnya langsung," kata Crutchlow.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com