Bus Baru PO Harapan Indah, Pakai Bodi Priority Buatan Karoseri Tentrem

Kompas.com - 07/10/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada ajang Busworld SEA 2022, Karoseri Tentrem membawa dua bus besar. Satu unit bus listrik 12 meter dengan nama Velocity W5 dan satu lagi adalah Avante H9 Priority milik PO Harapan Indah.

Soal bodi bus Avante Priority, merupakan varian dengan kabin yang dibuat super mewah. Setiap penumpang memiliki sekat masing-masing dengan berbagai fasilitas yang menemani selama perjalanan.

Yohan Wahyudi, Director Karoseri Tentrem menjelaskan, bodi bus Avante Priority bisa dibilang masih hitungan jari. Walau begitu, Tentrem menawarkan kenyamanan yang lebih tinggi daripada bodi selonjoran dari karoseri lain.

Baca juga: Deretan Bus Medium yang Hadir di Busworld 2022

Kabin bus Avante H9 Priority milik PO Harapan IndahKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin bus Avante H9 Priority milik PO Harapan Indah

"Sleeper saya kelebihannya adalah rebahnya sampai (menyisakan) 20 derajat. Benar-benar tidur tapi kursi," ucap Yohan di Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Memang, bisa dibilang kabin penumpang yang disusun menumpuk di bodi Priority ini berbeda. Kabinnya yang zig-zag redaksi coba langsung di area Busworld SEA 2022.

Tinggi badan redaksi adalah sekitar 180 cm, hasilnya badan bisa rebahan dengan nyaman dan kaki pas, tidak menekuk. Walau memang, posisi badan jadi agak miring mengikuti kabinnya yang zig-zag.

Baca juga: Simak Aturan Pergantian Warna Pelat Nomor Kendaraan

Kabin bus Avante H9 Priority milik PO Harapan IndahKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin bus Avante H9 Priority milik PO Harapan Indah

"Kalau lurus (kabinnya) standar enggak tercapai (rebah maksimal). Ada sedikit sudut (zig-zag) itu yang bikin malah lebih terjaga (badan penumpang), tidak goyang-goyang," ucap Yohan

Bodi bus H9 Priority ini juga sudah lebih baik modelnya daripada yang sebelumnya rilis. Misalnya di bagian tangga sudah memakai LED, begitu juga di ornamen samping sekat penumpang.

Kemudian pada bagian kabin penumpang, masing-masing sudah dilengkapi dengan cup holder serta lampu baca dengan hiasan LED. Jadi ornamen detail seperti tulisan Priority makin menambah mewah kabin.

Bagi yang berminat, Yohan mengatakan harga karoserinya untuk bodi H9 Priority ada di sekitar Rp 750 juta. Perlu diingat, ini belum dengan sasis, kalau ditambah, maka totalnya bisa mencapai Rp 2,5 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.