Apa Arti Kode Produksi di Dinding Ban? Bukan Tanggal Kedaluwarsa

Kompas.com - 05/10/2022, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan komponen penting pada mobil. Mengingat hanya ban yang menempel ke aspal, jadi kondisi ban tentu harus diperhatikan.

Pada bagian dinding ban, tertulis berbagai informasi dan berupa kode unik. Salah satu kode yang tertera adalah susunan empat angka yang bukan acak, tapi ada artinya.

Zulpata Zainal, On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. mengatakan, susunan empat angka tersebut dibagi jadi dua, dua angka pertama dan dua selanjutnya.

Baca juga: Video Viral, Bonceng Motor Tak Turun Saat Isi Udara Ban

Ilustrasi kode produksi pada ban mobil, untuk mengetahui usia ban.GridOto.com Ilustrasi kode produksi pada ban mobil, untuk mengetahui usia ban.

"Misal, kode tersebut bertuliskan 0221, berarti produksi minggu ke 2 tahun 2021, atau Januari 2021, dua angka awal minggu, dua angka akhir tahun produksi," ucap Zulpata kepada Kompas.com, Selasa (4/10/2022).

Selain itu, kode produksi ban wajib tertera pada dinding ban. Hal ini mengikuti aturan yang berlaku secara global.

"Kode tersebut memang menandakan kapan ban tersebut dibuat, tapi bukan jadi ukuran usia atau kedaluwarsa ban,” ucap Zulpata.

Baca juga: Valentino Rossi Ungkap Alasan MotoGP Saat Ini Jarang Saling Menyalip


Keberadaan kode produksi dibutuhkan sebagai sebuah note production dari perusahaan ban yang memproduksinya. Hal ini penting untuk mengidentifikasi ban bila sewaktu-waktu ada masalah dalam hal kualitas.

“Contoh, bila ternyata ban ada masalah dan tidak lulus quality control, itu tinggal dipantau dari kode produksinya saja. Minggu keberapa tahun berapa, untuk memudahkan sehingga tidak harus sampai melakukan pengecekan ribuan ban yang sudah diproduksi,” kata Zulpata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.