Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Arti Kode Produksi di Dinding Ban? Bukan Tanggal Kedaluwarsa

Kompas.com - 05/10/2022, 10:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan komponen penting pada mobil. Mengingat hanya ban yang menempel ke aspal, jadi kondisi ban tentu harus diperhatikan.

Pada bagian dinding ban, tertulis berbagai informasi dan berupa kode unik. Salah satu kode yang tertera adalah susunan empat angka yang bukan acak, tapi ada artinya.

Zulpata Zainal, On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. mengatakan, susunan empat angka tersebut dibagi jadi dua, dua angka pertama dan dua selanjutnya.

Baca juga: Video Viral, Bonceng Motor Tak Turun Saat Isi Udara Ban

Ilustrasi kode produksi pada ban mobil, untuk mengetahui usia ban.GridOto.com Ilustrasi kode produksi pada ban mobil, untuk mengetahui usia ban.

"Misal, kode tersebut bertuliskan 0221, berarti produksi minggu ke 2 tahun 2021, atau Januari 2021, dua angka awal minggu, dua angka akhir tahun produksi," ucap Zulpata kepada Kompas.com, Selasa (4/10/2022).

Selain itu, kode produksi ban wajib tertera pada dinding ban. Hal ini mengikuti aturan yang berlaku secara global.

"Kode tersebut memang menandakan kapan ban tersebut dibuat, tapi bukan jadi ukuran usia atau kedaluwarsa ban,” ucap Zulpata.

Baca juga: Valentino Rossi Ungkap Alasan MotoGP Saat Ini Jarang Saling Menyalip


Keberadaan kode produksi dibutuhkan sebagai sebuah note production dari perusahaan ban yang memproduksinya. Hal ini penting untuk mengidentifikasi ban bila sewaktu-waktu ada masalah dalam hal kualitas.

“Contoh, bila ternyata ban ada masalah dan tidak lulus quality control, itu tinggal dipantau dari kode produksinya saja. Minggu keberapa tahun berapa, untuk memudahkan sehingga tidak harus sampai melakukan pengecekan ribuan ban yang sudah diproduksi,” kata Zulpata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com