Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2022, 16:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Kaca mobil yang berjamur cukup menganggu pandangan pengemudi. Bahkan lebih berbahaya ketika kondisi gelap dan minim penerangan yang benar-benar menggangu visibilitas.

Banyak pemilik mobil berlomba mencari cara menghilangkan jamur kaca, salah satunya berekesperimen dengan mencoba cara murah bermodal pasta gigi.

Kandungan pasata gigi yakni, pemutih hidrogen peroksida sebagai oksidator, akan bereaksi mengangkat noda bekas kotoran yang menempel. 

Baca juga: Harga Oli Mobil Transmisi Matik Oktober 2022

Caranya bisa dibilang gampang, sebab pemilik mobil cukup mengoleskan pasta gigi dan menghapus kembali menggunakan kain lap.

 

Apakah benar demikian? 

Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, jamur kaca yang masih ringan bisa efektif dibersihkan. 

Ilustrasi talang air kaca mobilDicky Aditya Wijaya Ilustrasi talang air kaca mobil

"Jamur kaca tingkatannya beda-beda, ada yang masih di permukaan dan masuk ke lapisan dalam. Pasta gigi cuma bisa mengangkat jamur kaca ringan, kalau jamurnya masih tipis bisa dihilangkan. Tapi, kondisi yang masih ekstrim tetap harus menggunakan obat penghilang jamur," ucap Bambang kepada Kompas.com, Selasa (4/10/2022). 

Baca juga: Mulai Musim Hujan, Ingat Tanda Wiper Mobil Harus Diganti

Jenis jamur yang bisa dibersihkan dengan pasta gigi adalah jamur yang disebabkan oksidasi polutan asap kendaraan, dan jamur bekas air hujan yang akar-akarnya belum bereaksi ke lapisan terdalam. 

Itu belum termasuk jamur penyebab kaca buram, sebab partikel jamur sampai berukuran mikron dan bereaksi masuk pori-pori kaca. 

Ilustrasi pasta gigifreepik Ilustrasi pasta gigi

"Kaca buram itu jamurnya sudah sangat parah, bahkan sampai lapisan dalam. Belum lagi mobil sering parkir di bawah terik sinar matahari," kata dia. 

Sementara itu, Reza Pramudita owner Bengkel Reza Kacafilm Semarang mengatakan, tidak di rekomendasikan membersihkan jamur kaca selain menggunakan obat jamur. 

Baca juga: Ritual Buka Kap Mesin Usai Perjalanan Jauh Bikin Suhu Cepat Dingin?

Visibilitas kaca depan mobilKompas.com Visibilitas kaca depan mobil

 

"Obat kaca saja jenisnya ada soft, medium, dan hard. Kita juga belum tau kandungan pasta gigi atau cairan kimia penghilang jamur lain masuk jenis apa. Khawatirnya, kalau terlalu keras kaca bisa tambah buram," katanya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com