Kompas.com - 19/08/2022, 17:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Model wiper yang beredar di pasaran dibagi dua jenis. Keduanya menawarkan keunggulan masing-masing, yakni model frameless dan blade

Ada beberapa perbedaan cara kerja di antara kedua wiper ini. Namun pemilik kendaraan wajib tahu sesuai dengan selera dan kebutuhannya. 

Menurut Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto, model yang paling umum ditemui adalah tipe konvensional, atau bawaan pabrik yang dilengkapi frame. 

Baca juga: Begini Cara Pilih Helm buat Pengendara Berkaca Mata

"Kalau plusnya yang pakai frame tekanan pada kaca lebih maksimal. Sehingga sapuan wiper lebih bersih dan awet," ucap Bambang dihubungi Kompas.com, Jumat (19/8/2022). 

Namun, tetap ada kelemahannya. Menurut Bambang, jika karet sudah rusak bisa saja frame atau blade bergesekan langsung dengan kaca. 

Wiper kaca mobilDicky Aditya Wijaya Wiper kaca mobil

Dia melanjutkan, satu model lagi yang biasa ditemui di pasaran, yakni tipe frameless. Nilai plusnya, kemampuan menyapu air yang digadang-gadang lebih baik. 

Tak hanya itu, secara desain juga diklaim lebih kokoh dan memiliki bobot yang lebih ringan. 

"Model frameless kemampuan membersihkan kaca lebih baik. Air bisa bersih tanpa bekas karena bobot frame lebih ringan," katanya. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.