Yamaha Byson Bisa Jadi Alternatif Bahan Motor Custom

Kompas.com - 03/10/2022, 16:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Yamaha Byson resmi di perkenalkan di Tanah Air sejak 2010 dengan desain ala naked bike.

Sayangnya, sepeda motor yang sempat digadang-gadang jadi penerus kejayaan Vixion ini justru perlahan mati suri, kehilangan pasar dan harga bekasnya hancur. 

Karena itu, pecinta modifikasi berusaha mempopulerkan Byson supaya tetap eksis. Seperti konsep Bengkel Surganya Motor Semarang, Yamaha Byson disulap jadi motor custom aliran caffe racer dan classic bobber

Baca juga: Bengkel Custom di Daerah Keluhkan Minimnya Informasi Konversi Motor Listrik

"Harga Byson di pasaran anjok, alasannya motor standar ini dianggap kurang menarik, desainnya banyak yang bilang cupu," kata Pemilik Bengkel Surganya Motor Semarang Ihsanudin, saat ditemui Kompas.com di gelaran Kustomfest 2022, Minggu (2/10/2022). 

Ubahan dan modifikasi total Yamaha Byson konsep cafe racer dan classic bobber banyak dipilih, desainnya stylish dan nyaman ketika touring

Wajar, jika ubahan nomor satu adalah sektor kaki-kaki. Tujuannya agar handling stabil dan bantingan suspensi semakin presisi. 

Yamah Byson aliran cafe racer memukau pengunjung di gelaran Kustomfest 2022Dicky Aditya Wijaya Yamah Byson aliran cafe racer memukau pengunjung di gelaran Kustomfest 2022

"Selain tampilan kekar, pelek berdiameter 3,5 inch di depan dan 4,5 inch di belakang bisa di andalkan melewati medan on road dan off road," kata dia. 

Pada sektor suspensi, Ihsanudin mengatakan, satu keunggulan Byson adalah shockbreaker depan dan belakang bawaan pabrik yang dinilai sudah proporsional. 

Yamaha Byson aliran cafe racer mencuri perhatian pengunjung di ajang Kustomfest 2022 Dicky Aditya Wijaya Yamaha Byson aliran cafe racer mencuri perhatian pengunjung di ajang Kustomfest 2022

Lampu utama menggunakan daymaker 6,5 inch dirasa cukup, menyangkut fungsi dan tampilan desain yang terlihat stylish

Baca juga: Modifikasi BMW K1 1989, Motor Jadul Tampil Futuristik

"Biaya modifikasi total sekitar Rp 15 jutaan untuk jenis cafe racer. Itu sudah semua, custom part bodi, aksesoris, dan biaya cat. Konsumen tinggal terima beres," ucapnya. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.