Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yamaha Byson Bisa Jadi Alternatif Bahan Motor Custom

SEMARANG, KOMPAS.com - Yamaha Byson resmi di perkenalkan di Tanah Air sejak 2010 dengan desain ala naked bike.

Sayangnya, sepeda motor yang sempat digadang-gadang jadi penerus kejayaan Vixion ini justru perlahan mati suri, kehilangan pasar dan harga bekasnya hancur. 

Karena itu, pecinta modifikasi berusaha mempopulerkan Byson supaya tetap eksis. Seperti konsep Bengkel Surganya Motor Semarang, Yamaha Byson disulap jadi motor custom aliran caffe racer dan classic bobber. 

"Harga Byson di pasaran anjok, alasannya motor standar ini dianggap kurang menarik, desainnya banyak yang bilang cupu," kata Pemilik Bengkel Surganya Motor Semarang Ihsanudin, saat ditemui Kompas.com di gelaran Kustomfest 2022, Minggu (2/10/2022). 

Ubahan dan modifikasi total Yamaha Byson konsep cafe racer dan classic bobber banyak dipilih, desainnya stylish dan nyaman ketika touring. 

Wajar, jika ubahan nomor satu adalah sektor kaki-kaki. Tujuannya agar handling stabil dan bantingan suspensi semakin presisi. 

"Selain tampilan kekar, pelek berdiameter 3,5 inch di depan dan 4,5 inch di belakang bisa di andalkan melewati medan on road dan off road," kata dia. 

Pada sektor suspensi, Ihsanudin mengatakan, satu keunggulan Byson adalah shockbreaker depan dan belakang bawaan pabrik yang dinilai sudah proporsional. 

Lampu utama menggunakan daymaker 6,5 inch dirasa cukup, menyangkut fungsi dan tampilan desain yang terlihat stylish. 

"Biaya modifikasi total sekitar Rp 15 jutaan untuk jenis cafe racer. Itu sudah semua, custom part bodi, aksesoris, dan biaya cat. Konsumen tinggal terima beres," ucapnya. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/03/163100915/yamaha-byson-bisa-jadi-alternatif-bahan-motor-custom

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke