Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/09/2022, 11:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Terang Dunia Internusa (United E-Motor) saat ini telah mengisi segmen motor listrik menengah ke atas. Produknya United T1800 telah meluncur sejak 2020, sementara TX1800 dan TX3000 pada September 2022.

Bicara soal harga, T1800 saat pertama kali meluncur dijual mulai Rp 27,5 juta. Sementara TX1800 dihargai Rp 33,9 juta, dan TX3000 49,9 juta (OTR Jakarta).

Motor listrik keluaran United memang terbilang mahal di pasaran. Meski begitu, pabrikan yang bermarkas di Citeureup, Bogor, Jawa Barat ini sudah berencana meluncurkan motor listrik murah seharga Rp 15 jutaan.

Baca juga: Operasi Zebra 2022 Digelar Tanpa Tilang Manual

United E-Motor luncurkan motor listrik TX3000 dan TX1800 pada ajang IEMS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA United E-Motor luncurkan motor listrik TX3000 dan TX1800 pada ajang IEMS 2022

Andry Dwinanda, General Manager United E-Motor, mengatakan, alasan motor listrik United memiliki harga tinggi karena ingin menjaga kualitas.

“Saat ini yang masih kosong memang di kelas-kelas yang lebih ekonomis. Ya kita planning tahun depan pasti ada,” ujar Andry pada ajang IEMS 2022 (28/9/2022).

Sementara itu Head of E-Motor Division United E-Motor Awan Setiawan, mengatakan, motor listrik United hadir untuk mengedukasi konsumen perihal kendaraan listrik.

Baca juga: Honda Beri Sanksi Sales Nakal yang Tidak Bolehkan Konsumen Beli Cash

“Kita masuk di premium dulu. Karena kalau bicara motor listrik murah, ya memang banyak. Karena kita mau mengedukasi motor listrik itu, yang menjadi ekspektasi konsumen lengkapnya harus yang premium,” ucap Awan, pada kesempatan yang sama.

Awan menambahkan, konsumen motor listrik umumnya mempertanyakan empat hal utama sebelum membeli.

Pertama adalah model yang sesuai dengan selera pasar. Kemudian jarak tempuh yang bisa mencukupi kebutuhannya. Lalu performa yang mumpuni di segala medan. Dan terakhir kecepatan yang setidaknya bisa menyamai motor konvensional.

Baca juga: BPKB Elektronik Cegah Modus Nakal Kendaraan Kredit

United E-Motor luncurkan motor listrik TX3000KOMPAS.com/DIO DANANJAYA United E-Motor luncurkan motor listrik TX3000

“Itu kan selalu dipertanyakan konsumen, ada enggak motor seperti ini? Karena rata-rata motor yang murah ya pilihan. Yang penting bisa jalan, baterainya kecil, jaraknya pendek,” kata Awan.

“Ditunggu lah (motor listrik murah), mungkin akhir tahun (paling cepat). Karena market Indonesia itu kan masih belum stabil,” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com