PLN Jamin Ketersediaan SPKLU untuk Pengguna Kendaraan Listrik

Kompas.com - 29/09/2022, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN menjamin ketersediaan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di seluruh Indonesia dan mengimbau masyarakat agar tidak takut untuk beralih ke kendaraan listrik.

Sebelumnya, hingga Mei 2022, PLN telah membangun 129 unit SPKLU yang tersebar di 98 titik. SPKLU terdiri dari SPKLU Fast Charging dan Ultra Fast Charging. Targetnya adalah tambahan 40 unit SPKLU lagi per akhir tahun 2022.

Terkait hal tersebut, Executive Vice President Pemasaran dan Pengembangan Produk PT PLN (Persero) Hikmat Drajat mengatakan bahwa dalam mendukung ekosistem berbasis kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB), PLN sudah mulai operasional.

Baca juga: Gencarkan Era Elektrifikasi, PLN Operasikan SPKLU di Singkawang

"Adapun kesiapan PLN dari sisi ekosistem yang mendukung KBLBB, sebetulnya bukan lagi kesiapan. Tapi PLN itu sudah operasional," ucap Hikmat di perhelatan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022, Rabu (28/9/2022).

Hikmat menjelaskan, masyarakat juga bisa melihat daftar SPKLU melalui aplikasi PLN Mobile yang bisa diunduh di handphone. Ini termasuk ke dalam fitur Electric Vehicle Operating System pada aplikasi tersebut.

SPKLU di Atria Residence Gading Serpongist SPKLU di Atria Residence Gading Serpong

Pada fitur tersebut juga tersedia sejumlah pilihan pelengkap lainnya untuk pengguna kendaraan listrik.

"Ada marketplacetest drive, ada juga home charging services. Lalu yang paling menarik adalah lokasi-lokasi SPKLU. Di sini terlihat bahwa, akan tertera, di handphone masing-masing, SPKLU terdekat di mana saja, di lokasi kita," ucap Hikmat.

Baca juga: Pameran Kendaraan Listrik IEMS 2022 Resmi Dibuka

Maka dari itu, Hikmat menegaskan PLN sudah siap mendukung elektrifikasi dan ekosistem KBLBB. Mulai dari layanan swapping baterai maupun charging station.

"Intinya adalah, PLN sudah operasi untuk e-mobility. Sudah bisa dinikmati oleh masyarakat melalui fitur PLN Mobile, jadi tidak perlu khawatir mobilnya kehabisan baterai," lanjut Hikmat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.