Komponen yang Berubah di New Honda Vario 125, Tak Terlihat

Kompas.com - 27/09/2022, 16:01 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - New Honda Vario 125 resmi meluncur di Indonesia. Skutik entry level Honda kelas 125cc itu mendapat pembaruan baik di eksterior dan fitur yang membuatnya tampil lebih sporty.

Sekilas eksterior New Vario 125 tidak berubah banyak dari sebelumnya. Namun kalau ditelisik terdapat ubahan pada desain di bagian tebeng depan dan fairing yang lebih agresif.

Fitur pendukung yaitu sudah memakai Honda Smart Key System untuk tipe ISS. Kemudian terdapat USB charger type A dengan daya maksimum 5V, 2,1A pada console box sebelah kiri lengkap dengan penutup.

Baca juga: Biar Tak Sakit Kepala, Jangan Asal Pilih Parfum Mobil

New Honda Vario 125KOMPAS.com/Adityo New Honda Vario 125

Ukuran ban yang lebih lebar, depan 90/80 dan belakang 100/80 dengan pelek baru berdesain sporty. Ban lebih lebar membuat pengendalian semakin nyaman dan lincah untuk dikendarai sehari-hari.

Tak ada ubahan di mesin, jantung New Vario 125 masih dibekali seperti mesin di model sebelumnya, yaitu mesin 125cc eSP. Efisisensi BBM diklaim paling irit di kelasnya yaitu 51,7 km per liter dengan metode WMTC.

Endro Sutarno,Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, sebetulnya ada lagi perbedaan antara New Vario 125 dengan model lama. Namun perubahan ini tidak terlihat dari luar.

Baca juga: Mengaku Laris, Kuota The New Range Rover Terbatas

New Honda Vario 125KOMPAS.com/Adityo New Honda Vario 125

"Kelistikan berubah karena ada hubungannya dengan power charger. Itu otomatis kabel bodi berbeda," ungkap Endro yang ditemui saat peluncuran di Cikarang, Jawa Barat, Senin (26/9/2022).

Selain kabel bodi kata Endro, ada ubahan pada sistem lampu LED. Endro mengatakan, pengaturan di motor baru ini terletak di bagian belakang lampu utama bukan lagi di ECM seperti model lama.

Baca juga: Recall PCX 160 Bukan yang Pertama, AHM Juga Pernah Tarik PCX 150

New Honda Vario 125KOMPAS.com/Adityo New Honda Vario 125

"Dan ada ubahan di lampu LED berubah karena itu kabel berubah. Jadi yang berubah ECM, kabel bodi dan sistem LED di depan. Memang lampu depan sama tapi sistemnya beda," ungkap dia.

"Kalau yang sebelumnya pengaturan ada di ECM sekarang ada di lampu depan. Secara fungsi untuk memperingan beban di ECM sehingga lebih ringan dan tidak banyak beban," kata dia.

"Kedua kalau kita memerikan arus bisa memberikan baterai langsung hidup, kalau sebelumnya harus ke ECM dulu," ungkap Endro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.