Jangan Tergiur Harga Murah, Pakai Kampas Rem Palsu Banyak Ruginya

Kompas.com - 27/09/2022, 14:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Kampas rem mobil menjadi komponen utama dan wajib diperhatikan kondisinya. Baik dari perawatan dan kualitasnya tak boleh asal. 

Bila sudah menipis, pemilik mobil wajib melakukan pergantian. Nah, saat akan membeli, baiknya pastikan bila kampas rem benar-benar asli.

Seperti diketahui, di pasaran, kampas rem dibedakan jadi beberapa kategori. Ada versi original dan abal-abalnya alias palsu

Bicara tentang kualitas, sudah pasti pabrikan mewajibkan penggunaan komponen original, pertimbangannya adalah mutu produk dan pengaruh terhadap komponen lain pada sistem pengereman. 

Selain tingkat kepresisian tinggi, keawetan, serta kualitasnya jelas sudah diperhitungkan dengan sangat detail.

Baca juga: Jangan Sepelekan Jadwal Ganti Minyak Rem Mobil

Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, komponen original standar pabrikan menawarkan keunggulan dari sisi durabilitas dan produk yang terjamin. 

Rem MobilDicky Aditya Wijaya Rem Mobil

 

"Jadi seperti garansi uang kembali, kualitas oke dan mutu produk teruji. Pemilik tidak meragukan, dan khawatir ada masalah di jalan," ucap Bambang, kepada Kompas.com, Selasa (27/9/2022). 

Walau secara harga memang lebih mahal, namun menurutnya, sebanding dengan kualitas pengereman. Apalagi komponen ini sangat berkaitan dengan faktor keselamatan.

Dilihat dari kualitas material bahan, kampas rem original sifatnya tidak menggerus piringan disc brake. 

"Harga kampas yang tidak asli memang lebih murah, tetapi saat digunakan berisik berbunyi mendecit,” katanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.