Biar Tak Sakit Kepala, Jangan Asal Pilih Parfum Mobil

Kompas.com - 27/09/2022, 12:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Kabin mobil yang bersih dan nyaman tentu sangat menunjang kenyamanan berkendara.

Selain itu, hadirnya parfum juga akan memberikan nilai lebih, bahkan dipercaya bisa membuat pengemudi lebih rileks saat berkendaran. 

Namun demikian, pemilihan parfum tak bolah asal-asalan. Ada hal penting harus yang harus diperhatikan, karena bila sampai salah pilih yang ada justru bisa menyengat dan bikin pusing.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, aroma parfum menyengat tidak nyaman dihirup terlalu lama. 

Baca juga: Kenali Gejala Transmisi Mobil Matik Mulai Bermasalah

Parfum mobil aroma kopi model sprayDicky Aditya Wijaya Parfum mobil aroma kopi model spray

"Masuk kabin mobil pertama saja pusing, gimana kalau nyetir lama jarak jauh. Kalau mau fresh dan netral ada pilihan aroma terapi seperti kopi," kata Sony dihubungi Kompas.com, Selasa (27/9/2022). 

Sonny menjelaskan, bau wangi yang terlalu menyengat membuat sakit kepala. Aroma terapi seperti kopi dan green tea, menjadi pilihan yang aman karena lebih lembut dan aromanya tidak terlalu tajam. 

Aroma kopi dan green tea bisa multifungsi lantaran juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir bau apek. 

"Sering gonta ganti parfum dan jarang membersihkan kabin mobil, aroma di dalam kabin pasti nano-nano, bikin mual. Aroma netral dari bahan alami teh dan kopi lama-kelamaan akan mengusir bau apek," ucapnya. 

Baca juga: Benarkah Parfum Mobil Bisa Bikin Sakit Kepala?

Kabin nyaman, pikiran pengemudi otomatis terstimulasi supaya fokus selama berkendara. Karena tenang dan rileks penat dan rasa bosan bisa hilang. 

Mengemudi menggunakan kacamata- Mengemudi menggunakan kacamata

"Misal, terjebak macet berjam-jam tidak langsung stres. Pikiran tenang, manajemen emosi terkontrol, jadi tidak gampang marah," kata dia. 

Perjalanan jauh jadi tidak cepat lelah, mengusir kantuk, dan menciptakan kabin selalu nyaman. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.