Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO SAN Ambil 4 Bus Baru dengan Bodi Legacy SR3 Panorama XHD

Kompas.com - 27/09/2022, 13:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Siliwangi Antar Nusa (SAN) baru saja ambil empat unit bus baru dari Karoseri Laksana. Unit yang diambil sama dengan yang dipamerkan Karoseri Laksana di GIIAS 2022, yakni Legacy SR3 Panorama XHD Ultimate Series.

Kalau dibaca lagi memang nama tersebut cukup panjang. Legacy SR3 sendiri adalah generasi penerus dari Legacy SR2 yang sudah berumur enam tahun.

Ubahan yang dilakukan cukup menyeluruh, mulai dari desain bumper sampai lampu depan, lalu bagian buritan yang dibuat lebih agresif dengan lampu kombinasi baru LED dan kap mesin yang bergaya 3 dimensi.

Sedangkan Panorama adalah nama bodinya yang memakai kaca tunggal (single glass) dan selendang yang tipis. Bedanya dengan non-Panorama, pandangan penumpang ke arah depan dan samping jadi los, tidak terhalang sekat maupun selendang.

Baca juga: 4 Bus Baru PO Haryanto Menyusul, Total 10 Unit dari Adiputro

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

Kemudian untuk Ultimate Series adalah model yang ditambah berbagai aksesori. Bisa dilihat di bagian eksterior, ada lekukan bodi samping yang memanjang dari sisi depan sampai belakang.

Kemudian di bagian belakang, pilar paling ujung ditambah lampu berjalan (running light) LED.

Kurnia Lesani Adnan, Direktur Utama PO SAN menjelaskan keempat bus barunya yang kali ini keluar dari Karoseri Laksana.

"Pakai sasis Scania K360ib Opticruise. Bus ini kelas eksekutif untuk melayani trayek Pekanbaru -Solo-Tulungangung-Blitar via Tol Trans-Jawa," kata pria yang akrab disapa Sani kepada Kompas.com, Selasa (27/9/2022).

Baca juga: Mengaku Laris, Kuota The New Range Rover Terbatas

Sebelumnya memang sudah ada bus PO SAN yang melayani trayek tersebut dengan kelas Bisnis dan via Jalur Selatan Jawa. Jadi hadirnya bus baru ini akan memenuhi permintaan kelas Eksekutif di rute tersebut.

"Fasilitasnya standar Eksekutif, bangku 2-2 pakai leg rest, dapat selimut, bantal, USB charger dan toilet," ucap Sani.

Keluarnya bus PO SAN dengan bodi Legacy SR3 Panorama XHD Ultimate Series jadi unit SR3 pertama yang beroperasi di jalur reguler (AKAP). Sedangkan SR3 Double Glass pertama yang keluar Karoseri Laksana setelah GIIAS 2022 adalah milik PO Sahaalah untuk unit pariwisata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com