Kompas.com - 26/09/2022, 10:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Indikator check engine atau Malfunction Indicator Lamp (MIL) yang menyala pada sepeda motor matik, alias skutik dengan sistem injeksi kerap terjadi.

Kondisi tersebut kerap menimbulkan kepanikan bagi pemilik yang khawatir terjadi kerusakan serius pada tunggangannya.

Sebagai informasi, check engine berfungsi untuk mendeteksi adanya kerusakan pada motor yang diinformasikan oleh Electronic Control Unit (ECU).

Walau demikian, indikator check engine yang mendadak menyala, bukan berarti langsung menandakan motor mengalami kerusakan serius.

Baca juga: Pendaftar BBM Subsidi Tembus 2,6 Juta, Kapan Regulasinya Keluar?

Beragam hal lain bisa menjadi pemicu, salah satu imbas soket kabel atau sensor tertentu yang kotor. 

Kepala Bengkel Honda Zirang Motor Semarang Nurhadi Muslim mengatakan, jika check engine skutik menyala, tidak bisa langsung memvonis bahwa ada kerusakan. 

Mekanik bengkel Yamah Mataram Sakti Setyabudi Semarang sedang melakukan cek scanner diagnotic untuk menganalisa permasalahan sepeda motor. Dicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel Yamah Mataram Sakti Setyabudi Semarang sedang melakukan cek scanner diagnotic untuk menganalisa permasalahan sepeda motor.

"Menghidupkan mesin pertama kali, indikator check engine akan nyala hampir 2 - 3 detik. Jika semua komponen elektrikal normal, otomatis akan mati sendiri," ucap Nurhadi kepada Kompas.com, Senin (26/9/2022). 

Masalah baru muncul jika check engine tetap nyala, dugaan sementara kemungkinan terjadi kerusakan salah satu komponen seperti soket, atau sensor-sensor kendaraan. 

Berdasarkan indikator dan kedipan lampu MIL, bisa dibaca asal kerusakan komponen. Namun, supaya tidak salah analisa bisa dilakukan cek sensor-sensor dan jalur perkabelan.

Menurut Nurhadi, paling utama bisa diperhatikan berapa kali jumlah kedipan lampu check engine. 

Baca juga: Modal Rp 2 Jutaan, Ini Daftar Skutik Bekas yang Bisa Dilirik

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.